Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

Ternyata Kisah Tarzan Terinspirasi Dari Kisah Hayy karya Ibnu Thufail

Bismillah...

http://arts.heraldtribune.com/files/2014/01/DisneysTarzan.jpg
Kisah Hayy bin Yaqdzan karya Ibnu Thufail ternyata juga amat dikenali ramai dan berpengaruh dalam penulisan novel dan kisah tentang manusia yang hidup di hutan. Salah satu novel yag mengisahkan tentang perkara ini adalah The Jungle Book karya Rudyad Kipling.

Novel ini mengisahkan tentang pengembaraan Mougly, seorang bayi manusia diasuh dan dibesarkan oleh serigala, kera binatang hutan lain.Hubung kait kisah Mougliy dengan kisah Hayy amat ketara dengan pemilihan latar belakang lokasi yang mengambil hutan tropika di India. Ibnu Thufail juga menceritakan kisah Hayy dengan latar belakang pulau Wak-Wak di laut Hindi.Kisah Mougliy yang diasuh oleh binatang di hutan juga mengingatkan pembaca pada kisah Hayy yang berjudul Hayy bin Yaqdzan: Manusia dalam asuhan Rusa.

Rupanya, kisah manusia rimba karya seorang penulis Amerika bernama Edgar Rice Bourrough ini juga sedikit banyak mendapat inspirasi dari kisah Hayy.Pada tahun 1971, F.Lacassin menulis buku berbahasa Perancis mengenai kisah Tarzan karya Bourrough setebal lebih dari 500 muka surat. Dalam tulisannya mengenai karya sastera yang menjadi rujukan Bourrough dalam menulis kisah Tarzan, didapati bahawa kisah Tarzan adalah diinspirasi oleh Kisah Hayy karya Ibnu Thufail.

Zilzaal Blog

Comments