Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

Sleepy And Dreamers

Bismillah...

Teman-teman pasti banyak yang belum tahu, tenyata kita menghabiskan waktu untuk tidur dari pada melakukan hal lainnya.. kita menghabiskan waktu untuk tidur  kurang lebih, sepertiga hidupmu-yang bisa berarti, 30 tahun. Wah... lama sekali ya.
                    
Ada dua macam tidur yang sangat berbeda antara satu dengan lainnya. Dua macam tidur tersebut disebut tidur REM (Rapid Eye Movement) Dan NREM (Non REM). Selama tidur REM, otakmu sangat aktif. Aktifitas dalam otak di ukur dengan bantalan-bantalan, yang di tempel di kepala seseorang, yang dapat menangkap denyut listrik di dalam otak, pengukuran ini di sebut EEG (electroencephalograph.) Mungkin kamu sudah ada yang pernah lihat (seperti iklan mie sedaap di televisi. Red).

Dan pada saat tidur  NREM, kamu tidur sangat nyenyak dan sulit banget di bangunkan (kecuali di semprot pake air kali’ ya…? hehehe). Dalam keadaan ini, sedikit yang terjadi dalam otak. Sepanjang malam, kamu berganti-ganti antara tidur REM & NREM. Kebanyakan orang umumnya mulai tidur NREM pada permulaan malam, tetapi setelah beberapa jam, mereka akan mencapai tidur REM. Nah, waktu tidur REM inilah, kamu bermimpi. Otak menjadi se-aktif di saat kamu terjaga dan matamu bergerak cepat di bawah kelopak. Istilah REM berasal dari kejadian ini.

Anak-anak bermimpi selama 50% dari tidurnya, sedangkan orang dewasa hanya 20%, (beda jauh ya!). Apa arti mimpi dan mengapa kita bermimpi? Wallaahu A’lam. Namun, mnurut buku yang gue baca (hahaha) keterangan dari Nabi mengatakan, bahwa mimpi itu bunga tidur, yang terkadang memiliki makna... hayo percaya yang mana?

Sigmund Freud, seorang Psikolog terkemuka (1856-1939) mengatakan, bahwa mimpi adalah fikiran-fikiran bawah sadar. Namun bahkan dalam hidup pun fikiran bawah sadar tersebut tak dapat di ungkapkan secara terbuka, jadi hanya di wujudkan atau di kias kan dengan simbol- simbol atau alur -alur yang tak jelas.

Beberapa psikolog modern berpendapat bahwa tidur REM atau waktu bermimpi  adalah informasi yang kita peroleh sepanjang hari yang di saring. Ruang-ruang  penyimpanan ingatan kita terbuka- informasi baru di tambahkan pada informasi lama dan kategori baru di buat. Saat hal ini terjadi, potongan-potongan ingatan, lama dan baru, tersaring secara singkat ke dalam fikiran sadar kita, dan menjadi mimpi. Itu sebabnya kadang-kadang dalam mimpi, kita merasakan, kita telah mengalami hal ini dua kali. SubhaanalLaah..