Skip to main content

Featured

Metode Mutqin (Kuat) Hafalan Al-Qur'an Bagi Orang Yang “Sibuk”

Bismillah...Disarikan dari perbincangan via telepon antara penulis dengan Al Ustadz Al Fadhil Abdur Rahman Fadholi -Hafizhahullahu ta’alaa- tanggal 9 Sya’ban 1438 H.  Postingan ini agak panjang.  Jadi sebaiknya di simpan terlebih dahulu apabila memiliki ketertarikan untuk menyimak isinya.Beliau Al Ustadz adalah Juara MHQ Asia-Pasifik kelas 10 Juz 2017 yang baru selesai dilaksanakan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia.  Murid Syaikh Abdul Karim Al Jazayri -Hafizhahullahu ta’alaa-, dan Pembina Ma’had Ibnu Katsir di Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.
------------------------------------------------------------------
Pertanyaan yang penulis ajukan adalah, “Bagaimana metode muroja’ah (mengulang hafalan) dan menambah hafalan Alqur’an bagi seseorang yang sibuk?” Kemudian beliau menanyakan kondisi penulis saat ini.  Setidaknya ada tiga hal yang beliau ingin ketahui, yaitu:- Kondisi kesibukan saat ini
- Jumlah hafalan yang pernah di hafal
- Jumlah hafalan yang sudah mutqin (menempel kuat)Pertam…

Anda Hanya Manusia Biasa

Bismillah

Ketika anda melakukan kesalahan, sadarilah bahwa anda hanyalah manusia biasa. Dan, inti kemanusiaan adalah ketidak-sempurnaan. Anda hanya perlu menjadi lebih baik. Ini bukan berarti anda harus melakukan kesalahan. Namun, anda harus menyadari bahwa kesempurnaan itu tidak usah diupayakan.


Bila anda menuntut kesempurnaan pada diri anda, terlebih pada orang lain, maka anda berjalan pada jalur yang menyesatkan. Kesempurnaan semacam ini tak mengizinkan kesalahan dan membunuh daya cipta. Kesempurnaan semacam ini hanya akan membebani langkah anda. Alih-alih melangkah maju, anda salah melangkah atau tak memiliki kekuatan untuk berjalan.

Bila anda ingin meraih yang terbaik dari diri anda dan orang lain, maka biarkan kemanusiaan anda yang menuntun arah anda, yaitu dengan petunjuk kesalahan. Mungkin menyenangkan menonton film dimana sang jagoan Selalu menang dan tak mungkin terluka. Tetapi, anda tahu itu tidak ada. Meski hanya difilm, suatu saat anda akan merasa bosan dan dikibulin. Itulah mengapa, bila anda merasa harus selalu benar dan menganggapnya sebagai kesempurnaan, anda menipu diri anda sendiri.

 Jangan biarkan anda melakukan kesalahan. Demikian halnya, jangan paksa diri anda melakukan kesempurnaan. Akuilah bahwa anda hanyalah manusia biasa. Maka, anda akan sangat terhormat dimata anda sendiri dan orang lain.

Ingat, Allah menciptakan manusia dengan bentuk yang sempurna, bila anda mencoba untuk merubahnya, anda mencoba untuk membuang kesempurnaan ciptaaan itu.

BACA JUGA