Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

Anda Hanya Manusia Biasa

Bismillah

Ketika anda melakukan kesalahan, sadarilah bahwa anda hanyalah manusia biasa. Dan, inti kemanusiaan adalah ketidak-sempurnaan. Anda hanya perlu menjadi lebih baik. Ini bukan berarti anda harus melakukan kesalahan. Namun, anda harus menyadari bahwa kesempurnaan itu tidak usah diupayakan.


Bila anda menuntut kesempurnaan pada diri anda, terlebih pada orang lain, maka anda berjalan pada jalur yang menyesatkan. Kesempurnaan semacam ini tak mengizinkan kesalahan dan membunuh daya cipta. Kesempurnaan semacam ini hanya akan membebani langkah anda. Alih-alih melangkah maju, anda salah melangkah atau tak memiliki kekuatan untuk berjalan.

Bila anda ingin meraih yang terbaik dari diri anda dan orang lain, maka biarkan kemanusiaan anda yang menuntun arah anda, yaitu dengan petunjuk kesalahan. Mungkin menyenangkan menonton film dimana sang jagoan Selalu menang dan tak mungkin terluka. Tetapi, anda tahu itu tidak ada. Meski hanya difilm, suatu saat anda akan merasa bosan dan dikibulin. Itulah mengapa, bila anda merasa harus selalu benar dan menganggapnya sebagai kesempurnaan, anda menipu diri anda sendiri.

 Jangan biarkan anda melakukan kesalahan. Demikian halnya, jangan paksa diri anda melakukan kesempurnaan. Akuilah bahwa anda hanyalah manusia biasa. Maka, anda akan sangat terhormat dimata anda sendiri dan orang lain.

Ingat, Allah menciptakan manusia dengan bentuk yang sempurna, bila anda mencoba untuk merubahnya, anda mencoba untuk membuang kesempurnaan ciptaaan itu.