Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

Cara Membersihkan Virus Windows Batch File

Bismillah...


Bagi teman-teman yang sering menemukan file bereksistensi bat disetiap folder komputer atau laptop, yang nama filenya persis sama dengan nama folder tempatnya , teman-teman harus waspada... karena itu adalah Virus.

Virus Windows Batch File atau yang lebih dikenal dengan virus .bat/batch file adalah jenis virus yang menggadakan dirinya pada semua folder yang ada dalam satu partisi. Virus ini akan tercopy otomatis ke tiap folder jika sudah dieksekusi. Pencegahan awal yang perlu dilakukan jika laptop/kompi tidak ingin terserang virus ini adalah jangan dieksekusi (klik 2 kali atau  open).
Virus Windows Batch File terbilang tidak membahayakan karena tidak menyerang system windows. Namun, virus ini sangat meresahkan jika laptop/kompi terserang apalagi orang awam seperti saya.

Ciri utama laptop/kompi yang sudah terserang virus ini adalah tiap folder ada file dengan extensi MS-DOS Batch File. Virus ini dirancang khusus untuk menyalin file .bat (batch file) ke semua folder yang nama filenya sama dengan nama folder yang ditempatinya. Jika kita orang awam, maka kita tidak berpikir panjang lagi untuk menghapus file .bat ini di semua folder pada tiap partisi. Bahkan kita tidak berpikir bahwa ini adalah ulah virus dan yang lebih parahnya lagi kita langsung instal ulang atau format partisi. jika kita menghapusnya satu persatu maka akan membutuhkan banyak waktu. Bayangkan jika laptop/komputer kita ada 4 partisi dan tiap pertisi terisi 100 folder maka dalam laptop/komputer kita ada 400 folder. berarti kita akan buka tutup hapus sebanyak 400 kali. kapan selesainya??
Solusi dari koodipc, Tidak perlu repot-repot menghabiskan waktu anda untuk mengapusnya di setiap folder. Ada dua cara untuk menghilangkan virus ini yakni :
  1. Script (tanpa software)
Perlu anda ketahui, script virus ini dirancang untuk mencopy otomatis .bat file ke setiap folder jika telah dieksekusi. maka dari itu, kita hanya perlu membuat script berlawan dengan tujuan virus yaitu script untuk menghapus otomatis .bat file di semua folder.
Berikut adalah script virus batch file :
set h=For
%h% /R “D:\” /D %%a in (*) do copy %0 “%%~fa\%%~nxa.bat”
Yang perlu kita lakukan untuk menghapus .bat file adalah dengan membuat lawan dari script di atas sehingga sriptnya akan berubah seperti ini :
set h=For
%h% /R “D:\” /D %%a in (*) do del %0 “%%~fa\%%~nxa.bat”
Untuk lebih mudahnya, cari salah satu .bat file dalam folder kemudian klik kanan pilih edit sehingga akan muncul notepad yang berisi kode/script virus seperti gambar di bawah.


script virus di atas akan kita edit sehingga tampak seperti gambar di bawah.



kemudian tekan “Kontrol + S” (tanpa tanda petik) untuk menyimpan script di lanjutkan dengan klik 2x pada .bat file yang kita edit tadi.tunggu hingga proses selesai dan lihat hasilnya, virus .bat file tidak ada lagi di laptop/komputer kita. bagaimana? gampang kan..! kalau begitu, selamat mencoba.



      2. Menggunakan Software

Yang kita butuhkan adalah software yang telah dirancang untuk menghajar virus ini di setiap folder dalam partisi. Silahakn di download pada link yang telah saya sediakan di bawah (terima kasih buat SJR Comunity). Tapi sebelum itu, baca dan simak langkah-langkahnya :
  1. Download softwarenya di SINI atau di SINI
  2. Ekstrak file yang telah didownload.
  3. Klik 2x App hingga muncul tampilan seperti ini.
  1. Pilih partisi yang akan di bersihkan dari virus .bat/batch file
  2. Tunggu hingga proses selesai
  3. Ikuti petunjuk berikutnya
  4. Semoga berhasil
Sekian cara sederhana untuk menghapus virus windows batch file dan semoga saja virus ini tidak menjadi masalah lagi buat kita-kita orang awam. salam blogger…!