Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

Akun Facebookku Resmi Dinonaktifkan.

Bismillah...



Firefox OSHari ini, Senin 23 Desember 2013, akun facebook saya telah resmi dinonaktifkan oleh pihak keamanan facebook dengan alasan saya telah menggunakan nama palsu. Saya mudah saja membuka akun baru, tetapi akun itu memiliki beribu kenangan yang tak terlupakan. Saya menilai facebook terlalu berlebihan dan lebay akan kebijakan ini, menghapus akun semena-mena, sekena hati, tanpa memahami bahwa usernya yang ganteng ini sangat memerlukan akunnya. Wiwikwik!

Akun tersebut saya buat pada tahun 2009 lalu, saat itu pertama kalinya saya mengenal facebook. Seiring berjalannya waktu, banyak hal yang telah saya lakukan dengan akun itu, berinteraksi dengan kenalan beru, bertemu kembali dengan teman lama, berbeda pendapat dalam suatu posting,  bertukar fikiran, debat sana-sini, copas sana-sini, sampai hal-hal lain yang tidak perlu saya sebutkan (bukan apa-apa, cuma males nyebutin satu-persatu) serta yang paling pernting adalah konten-konten yang telah terupload dalam akun tersebut seperti foto-foto narsis saya dari waktu ke waktu, gambar-gambar keren hasil curian (bukan curian sih, cuma ngambil dari source webnya kalau pas di klik kanan gak ada pilihan nyimpen) sehingga seakan-akan akun tersebut adalah part of my life.  Kenalan baru, pengetahuan baru, ahh, terlalu banyak hal-hal baru. Jadi, jika pihak facebook tidak segera memulihkan akun ini, saya bisa saja tidak membuka akun baru atau bisa dibilang mogok fesbukan, sampai kapanpun. (ciee, ngambek nih yee).

Kejadian tragis ini (sok dramatis) bermula tadi malam, malam senin tanggal 23 Desember 2013, ketika saya mencoba log in di laptop tempat saya bekerja setelah akun saya tiba-tiba diminta keluar. Kebetulan, akun saya pun terbuka di laptop lain dan handphone butut saya (nah, ini dia masalahnya). Sangat disayangkan, saya tidak bisa log in setelah saya dipaksa keluar (log out) dari keduanya, saya merasa diusir (huhuhu). Saya coba lagi, tetap tidak bisa. Kesalnya saya, tidak berhasil.

Kekesalan saya tidak cukup sampai disitu, ketika saya berusaha log in, saya diberikan syarat masuk yang menurut saya begitu aneh. Saya diminta mengenali satu-persatu foto-foto yang alih-alih adalah milik teman saya, seperti foto yang di tag misalnya. Tentu saja tidak akan pernah terjawab dengan akurat dengan alasan foto-foto yang dipaparkan tidak selalu menggambarkan teman saya. Karena itu saya gagal dalam langkah ini, sudah 3 kali coba. Padahal, saya telah memverifikasi akun saya dengan beberapa nomor telepon, isn't enough? Ouh my God, yang saya sesali bukan akunnya, tetapi konten yang ada dalam akun tersebut.  

Saya tidak kehabisan akal, saya tanya ke "calo" google tentang solusi masalah ini, dan saya menemukan salah satu solusinya dari sebuah blog, yaitu dengan mengirimkan email ke facebook. Sayapun membuat sebuah mail menuju alamat disabled@facebook.com dengan subject "Account Disabled - I really hope my account is active again‏" 

Dear Facebook, 

I've been using facebook for a long time, I almost opened it every day. I really need this account to connect with my friends, but why is my account suspended by reason of disguise, using false identities, etc.? I desperately needed by my friends, but suddenly I detected fake account by facebook. And I've verified account with email, no. phone, if it is not enough? I've tried to change the name to my real name, but the system does not allow it. Jauzy Faqih is my real name. 

I do not understand why when I log in I can not go to my facebook page. There have notice : "Account Disabled, Facebook you are no longer active. If you want to have asked or less clear, you can visit the FAQ page here." I really hope my account is active again. Because I like facebook. 

regard,  

User ID Mail : faqihjauzy@mail.com (Faqih Jauz). 

Hasilnya? Nihil. Saya menerima tanggapan, bukan tanggapan sebenarnya, cuma sapaan yang dikamuflase, bukan sesuatu yang menghidupkan harapan. 

Hi, 

You've reached us at a channel that we don't support. Please visit the Help Center to find answers to many frequently asked questions and up-to-date forms you can use to contact us: 

https://www.facebook.com/help 

We apologize for the inconvenience. 

Sincerely, 
The Facebook Team 

Itulah usaha saya, demi teman-teman facebook saya. Sungguh kasihan, mereka tidak bisa lagi berhubungan dengan saya (bukannya sebaliknya eh :)). Saya menyadari mungkin semuanya adalah karena kelalaian saya, saya terlalu banyak menghubungkan akun facebook kesayangan saya ini dengan berbagai aplikasi "mengancam" dan media sosial populer lainnya, padahal saya beranggapan bahwa facebook akan melindungi usernya dari spam dan konten berbahaya. Tapi, saya gak perlu galau dengan hal ini, harus move on OK! 

Sori ya mentemen! Afwan banget jika kalian menemukan alamat facebook saya sebagai broken thumb. Kalau perlu bantuan, silakan mention ke @faqiheljauzy atau email faqihjauzy@outlook.com.

Selamat berfacebook ria.

Comments

Post a Comment

Isi formulir ini...