Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

Cara Mengekspor Multiple Pages Pada CorelDRAW

Bismillah...

Pernahkah sobat mengolah sebuah proyek di Corel yang dalamnya terdapat sekitar 100 halaman, dan sobat harus mengekspor masing-masing ke dalam jpeg? Mengekspor satu per satu tentu memakan banyak waktu. Di tutorial ini, kita akan belajar tentang cara untuk mengekspor banyak halaman dengan cara yang cukup mudah dan cepat.

LANGKAH 1:

Buat sebuah dokumen baru dan mulailah membuat beberapa halaman, cobalah mulai dari 5 halaman (sebenarnya tidak peduli berapa halaman yang kita buat, hanya untuk menunjukkan betapa mudahnya mengekspor halaman yang banyak). Untuk menambahkan halaman klik tanda + di kiri bawah dokumen sobat, coba lihat gambar di bawah


LANGKAH 2:

Buatlah sebuah objek, entah bentuk atau teks apapun yang sobat inginkan pada setiap halaman. Dalam tutorial ini, kita akan menggunakan text tool. Ketik A di halaman 1, B pada halaman 2, C pada halaman 3, D pada halaman 4 dan E pada halaman 5, dengan ukuran font sebesar 500, lalu ketengahkan setiap huruf dengan menekan huruf P.


LANGKAH 3:

Klik Tools > Macro > Run Macro...




LANGKAH 4:

Pastikan dokumen sobat sudah tersimpan dan sobat tahu di mana tempat penympanannya. Sebuah menu pop up akan muncul setelah sobat mengklik Run Macro. Di bawah menu sobat akan melihat Macro Dalam menu drop-down. Dari drop-down pilih FileConverter ( FileConverter.gms )






LANGKAH 5:

Sobat sekarang dapat mengklik Run. Pop up menu baru akan muncul. Pada bagian Sumber, temukan di mana dokumen sobat disimpan, pop up lain akan muncul kembali, tentukanlah di mana dokumen sobat (yang .cdr), klik Add dan klik OK. Pada tujuan, pilih lokasi di mana sobat ingin menyimpan semua gambar yang akan diekspor. Pada Convert To , sobat dapat memilih jenis format file yang ingin sobat ekspor, dalam tutorial ini kita akan set ke JPG. Selain itu, pastikan bahwa "Save each page as separate file(e.g. filename_1-1)" sudah dicentang.










LANGKAH 6:

Sobat sekarang dapat menemukan semua gambar diekspor pada Destination (lokasi) yang telah sobat tentukan. Mudah bukan?


Animasi GIF (silakan tunggu sampai muat):

 

Comments