Skip to main content

Featured

Metode Mutqin (Kuat) Hafalan Al-Qur'an Bagi Orang Yang “Sibuk”

Bismillah...Disarikan dari perbincangan via telepon antara penulis dengan Al Ustadz Al Fadhil Abdur Rahman Fadholi -Hafizhahullahu ta’alaa- tanggal 9 Sya’ban 1438 H.  Postingan ini agak panjang.  Jadi sebaiknya di simpan terlebih dahulu apabila memiliki ketertarikan untuk menyimak isinya.Beliau Al Ustadz adalah Juara MHQ Asia-Pasifik kelas 10 Juz 2017 yang baru selesai dilaksanakan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia.  Murid Syaikh Abdul Karim Al Jazayri -Hafizhahullahu ta’alaa-, dan Pembina Ma’had Ibnu Katsir di Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.
------------------------------------------------------------------
Pertanyaan yang penulis ajukan adalah, “Bagaimana metode muroja’ah (mengulang hafalan) dan menambah hafalan Alqur’an bagi seseorang yang sibuk?” Kemudian beliau menanyakan kondisi penulis saat ini.  Setidaknya ada tiga hal yang beliau ingin ketahui, yaitu:- Kondisi kesibukan saat ini
- Jumlah hafalan yang pernah di hafal
- Jumlah hafalan yang sudah mutqin (menempel kuat)Pertam…

Download Google Earth

Bismillah...

Google Earth adalah salah satu software yang sudah lama saya inginkan. Saya tertarik karena ingin melihat dunia secara langsung seperti apa yang ditawarkan google di websitenya; "Lakukan perjalanan virtual ke lokasi mana pun di dunia. Jelajahi bangunan 3D, citra, dan medan. Temukan kota, tempat, dan bisnis lokal". Alasan lain, saya ingin menyimpan peta daerah saya sendiri untuk berjaga-jaga, hehe.

Terus terang sebenarnya saya sudah lama tahu tentang software ini di Internet, tapi setelah laptop saya diinstall ulang, saya tidak pernah lagi menggunakannya karena masternya hilang entah kemana. Baru pada awal 2013 lalu (ini kan udah akhir bro) saya mendapatkan berita dari google bahwa ada versi terbaru dari Google Earth, saya pun langsung ke TKP. Yang saya temukan? Gak ada download direct, cuma web Installer ala Google Chrome Install doang. Wah, gimana nih, saya jadi mikir-mikir karena modem saya udah lelet abis. Langkahku pun terhenti, cukup sampai disitu, tak ada ambisi lagi. Dan tadi (07.20 AM tanggal 28 Desember 2013) saya melangkah lagi, akhirnya link directnya saya temukan, all praise to Allah :).

Download BetaAda cerita menarik tentang pengalaman saya bersama Google Earth. Saya pernah berfikir bahwa apa yang ada di google earth adalah "Live", apa yang sedang terjadi di bumi bisa terlihat dari sana dengan langsung.

Waktu itu umur saya sekitar 14 tahun, kelas 2 SMP, dan saya baru saja membeli Laptop+Modem. Di suatu pagi yang cerah, saya iseng mengklik sebuah icon di desktop saya ketika mebuka laptop, yang ternyata adalah icon "google earth". Modem sudah ditancapkan dan sudah connected oleh Ayah saya.

Sebuah window pun terbuka, dan terlihat ada bola bumi, bla bla bla secara coba-coba akhirnya saya pun berhasil surfing di Dunia Nyata, maksud saya berhasil melihat peta dunia dari monitor, melongok ke berbagai tempat di dunia bersama ayah saya. Setelah jalan-jalan ke berbagai benua, saya pun penasaran bagaimana potret kampung saya dari atas langit. Saya cari lagi, zoom, cari, drag, zoom, drag, zoom, zoom drag, drag zoom. I found it! I found my village and it's awesome! Rumah saya, rumah tetangga, jalan jalan yang sudah familiar jelas terlihat (alhamdulillah waktu itu pengguna Internet di daerah saya masih terbilang sedikit, jadi gak lelet-lelet amat). Saya pun berfikir, gimana kalau saya keluar ke jalanan di depan rumah, pasti kelihatan di monitor ini. Cling!

Tampilan kampungku dari atas langit. Amazing! dan ini masaih bisa di zoom.

Saya bilang ke ayah "Mungkin kalau saya ke tengah jalan, saya bisa kelihatan di peta ini. Nanti liatin ya pas saya keluar, muncul apa nggak" dengan polosnya, dan beliau mengiyakan. Saya pun keluar ke tengah jalan, melambai-lambaikan tangan keatas, sambil melompat-lompat seolah-olah ada kamera raksasa yang sedang merekam saya sambil berteriak.

"Abah, saya keliatan gak?"

Ayah saya menjawab dari dalam sambil membuka pintu  "Gambarmu ndak ada, ndak keliatan".

Saya kembali dengan wajah heran "Masa sih?" dan memutuskan bergantian dengan ayah saya, untuk memastikan apakah benar saya tidak kelihatan. Huhu...

Ayah pun keluar menuju jalanan depan rumah. Betul sekali, saya tidak melihat ada objek bergerak sedikitpun. Jalan yang dilalui oleh kendaraanpun terlihat sepi, benar-benar lengang. Akhirnya saya tahu, semua itu cuma gambar dari satelit.

Itulah cerita saya di masa lalu. Waktu aya tidak belum bisa mebayangkan seberapa besar data yang akan dibutuhkan oleh google untuk merekam secara realtime suma aktifitas diseluruh dunia dan bagaimana mungkin laptop butut bisa streaming kehidupan bumi dari beribu kamera? Kalaua mengingatnya saya jadi tertawa sendiri. Kalau tidak menarik gak usah marah, mungkin karena saya belum bisa menceritakannya dengan kalimat yang benar hehe.


*****

Bicara tentang Google Earth, aplikasi ini merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer dan dibuat oleh Keyhole, Inc.Awalnya dikenal sebagai Earth Viewer, Google Earth dikembangkan oleh Keyhole, Inc., sebuah perusahaan yang diambil alih oleh Google pada tahun 2004. Produk ini, kemudian diganti namanya menjadi Google Earth tahun 2005, dan sekarang tersedia untuk komputer pribadi yang menjalankan Microsoft Windows 2000, XP, atau Vista, Mac OS X 10.3.9 dan ke atas, Linux (diluncurkan tanggal 12 Juni 2006) dan FreeBSD.

Dengan tambahan untuk peluncuran sebuah klien berbasis update Keyhole, Google juga menambah pemetaan dari basis datanya ke perangkat lunak pemetaan berbasis web. Peluncuran Google Earth menyebabkan sebuah peningkatan lebih pada cakupan media mengenai globe virtual antara tahun 2005 dan 2006, menarik perhatian publik mengenai teknologi dan aplikasi geospasial.. Tersedia dalam tiga lisensi berbeda: Google Earth, sebuah versi gratis dengan kemampuan terbatas; Google Earth Plus ($20), yang memiliki fitur tambahan; dan Google Earth Pro ($400 per tahun), yang digunakan untuk penggunaan komersial. (wikipedia)

Ya sudah, dengan certa saya dan sedikit informasi dari wikipedia pasti sudah bisa memberi gambaran tentang aplikasi ini. Dibawah ini adalah link langsung (tanpa web installer) dari Google Earth, silakan di download.

 Download Google Erath


Comments

BACA JUGA