Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

Melatih Diri Untuk Bangun di Awal Pagi & Shalat Shubuh

Bismillah...

https://lh5.googleusercontent.com/-rmLF7bNupy0/TY0m8mlZ10I/AAAAAAAAANg/89R1Nz71P8o/s1600/100_5147.JPG
Bagi seorang muslim sejati, bangun di malam hari merupakan suatu kebiasaan utama, karena pelaksanaan shalat malam adalah jati diri bagi mereka untuk melakukan ibadah-ibadah pada sepertiga malam, lebih-lebih diwaktu shubuh. Tahukah anda, pebiasaan bangun pagi diwaktu kecil oleh orang tua kita sangat mempengaruhi hal ini.

Mungkin bagi Anda yang berniat bangun malam untuk qiyamullail dan dilanjutkan dengan shalat shubuh, setiap malam jam 3 atau 4 alarm berbunyi. Anda memencet tombol snooze yang malah memperburuk keadaaan dan Anda bangun 30 sampai 45 menit kemudian. Mengapa? Karena bangun pagi adalah hal yang sangat susah bagi sebagain orang. Pada pembahasan kali ini, saya akan memberikan 10 tips untuk berhasil bangun pagi dengan cepat. Insyaallah.



1. Tidurlah lebih Awal


Ini adalah cara paling mudah dan merupakan penyebab utama mengapa banyak orang susah bangun pagi. Yakni karena kurangnya tidur, tentunya kurang tidur akan membuat Anda susah bangun pagi dan kalaupun Anda bangun pagi, Anda akan lebih lelah.



Rasulullah pun memberi contoh untuk hal ini , dalam sebuah riwayat:

“Bahwasanya Rasulullah Muhammad saw membenci tidur malam sebelum (sholat Isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya.” (Hadist Riwayat Al-Bukhari No. 568 dan Muslim No. 647 (235)

Cara ini juga merupakan cara terbaik dibandingkan dengan cara lainnya.

2. Mohonlah pada Allah agar dibangunkan

Ucapkanlah bismillah dan niatkan untuk bangun malam atau shubuh sebelum tidur. Mohonlah pada Allah agar diberikan kekuatan untuk bangun tepat waktu, karena segala sesuatu akan terjadi dengan kehendaknya.


3. Bacalah do'a sebelum Tidur

Tidur adalah salah satu kebutuhan terpenting bagi tubuh dan jiwa kita, sekaligus merupakan nikmat dari Allah SWT yang tidak ternilai. Sayangnya tidak semua orang mengerti bagaimana cara tidur yang berkualitas tinggi seperti halnya Rasulullah Muhammad SAW. Berikut ini adalah tips singkat mengenai bagaimana cara beliau ketika akan tidur dan ketika bangun tidur, semoga bisa kita ikuti.
  1. Berwudhu-lah seperti wudhu ketika akan sholat;
  2. Bacalah do’a sebelum tidur. Pilihlah salah satu dari contoh doa Rasulullah SAW di bawah ini:
    1. Bismika Allahumma Amut wa Ahyaa“, yang artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku mati dan hidup”;
    2. Robbi qinii ‘adzaabaka yawma tab’atsu ‘ibaadaka“, yang artinya: “Ya Robbi, peliharalah aku dari azab-Mu pada hari Kau bangkitkan seluruh hamba-Mu”;
    3. Alloohumma bismika amuutu wa ahyaa“, yang artinya: “Ya Allah, dengan Asma-Mu aku mati dan aku hidup”;
    4. Allahumma aslamtu nafsii ilaika wawajjahtu wajhi ilaika wafawwadhtu amrii ilaika wa alja’tu zhahrii ilaika raghbatan warahbatan ilaika laa malja-a walaa manja-a minka illaa ilaika. Aamantu bikitaabikalladzii anzalta wanabiyyikal ladzii arsalta“, yang artinya: “Wahai Allah, saya menyerahkan diriku kepada-Mu, menghadapkan mukaku kepada-Mu, menyerahkan semua urusanku kepada-Mu, dan menyandarkan punggungku kepada-Mu dengan penuh harapan dan takut kepada-Mu, tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari siksaan-Mu kecuali hanya kepada-Mu. Saya beriman dengan kitab yang Engkau turunkan dari nabi yang Engkau utus”.
  3. Bacalah surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas dalam posisi berbaring. Aisyah ra berkata bahwa Rasulullah membaca ketiga surat tersebut setelah mengumpulkan kedua telapak tangannya dan meniupnya. Kemudian setelah selesai membaca, beliau mengusapkan kedua tangannya 3x ke seluruh badan yang mampu diusap, dengan dimulai dari kepala, muka, dan bagian depan badannya;
  4. Berbaringlah dengan memiringkan tubuh ke arah kanan;
  5. Letakkan tangan kanan di bawah pipi sebelah kanan;
  6. Dan tidurlah dengan tenang dan damai
4. Letakkan Alarm Jauh Dari Anda


Alarm memang bertujuan untuk membangunkan Anda. Tapi jika diletakkan di samping Anda dan terus di-snooze sampai mati, maka alarm sekarang bertujuan untuk hanya mengganggu Anda. Oleh karena itu letakkanlah alarm di tempat yang srategis dan jauh dari Anda.

Tips ini akan bekerja lebih baik jika alarm Anda memiliki suara yang keras, bahkan jika cukup keras, Anda tidak perlu meletakkannya jauh dari Anda.

5. Letakkan Handuk Basah di Dekat Anda

Merupakan pengetahuan umum bahwa air yang dingin adalah cara bangun yang sangat efektif karena rasa kagetnya. Anda tidak perlu sampai disiram air, hanya siapkanlah handuk basah yang sudah Anda siapkan sebelum Anda tidur, dan begitu alarm berbunyi Anda dapat meletakkan handuk basah tersebut ke muka Anda.

Lebih baik handuk diletakkan di permukaan berkayu atau bak agar furnitur tidak rusak.

6. Gunakan Suara Alarm yang Lebih Kencang

Pernahkah Anda mendengar suara alarm kapal selam di iPhone? Anda mungkin mengetahui maksud dari tips ini. Suara yang sangat kencang adalah cara yang baik untuk membuat diri Anda terbagun dari tidur. Anda juga dapat mencoba mengatur agar alarm Anda berada di volume paling besar.

Apapun suara yang ada, buatlah keras dan tidak enak didengar.

7. Cium Sesuatu yang Memberikan Energi


Mencium sesuatu yang memberikan energi seperti garam telah dibuktikan berhasil membangunkan orang-orang selama bertahun-tahun. Yang dimaksud energi di sini bukanlah harus sesuatu yang bau, tetapi mungkin wangi yang Anda suka atau dapat memotivasi Anda untuk bangun.

Seperti botol parfum berwangi jeruk, buah atau mint di sebelah ranjang Anda untuk menghilangkan rasa malas bangun.

8. Makan Sesuatu

Sama halnya dengan makan di pagi hari yang membutuhkan kesadaran, makan juga akan memotivasi Anda untuk bangun. Letakkanlah makanan kecil seperti permen di samping Anda, lebih baik jika makanan keci itu memiliki karbohidrat di dalamnya karena pada saat Anda tidur, tingkat gula darah Anda menurun.

Letakkanlah di samping ranjang Anda agar begitu Anda ingin bangun, Anda dapat langsung meraihnya.

9. Latih Diri Anda

Daripada memaksa diri Anda untuk bangun, lebih baik latih diri Anda untuk secara instan bereaksi dengan melatih hal tersebut setiap Anda bangun. Pada siang hari, matikan semua lampu dan praktekkan begitu alarm berbunyi, Anda langsung bangun.

Dengan melakukan ini 2 kali sehari maka tubuh Anda akan secara otomatis mengingat pergerakan ini.

10. Jangan Minum Kafein Sebelum Tidur

Seperti yang telah diketahui secara umum, kafein akan memberikan Anda rasa lebih segar dan mencegah Anda ngantuk. Jika Anda meminumnya sebelum Anda tidur, maka tidur Anda juga tidak akan terasa nyenyak karena untu tidur nyenyak, Anda membutuhkan waktu lebih lama.

Kafein dan Alkohol membutuhkan waktu untuk hilang dari sistem dalam tubuh Anda.

Berbagai sumber dengan adaptasi dan pengubahan.

Comments