Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

Enam Tips Dasar Merekam Video Dengan Ponsel

Bismillah...

Bagaimana teknik untuk melakukan perekaman video dengan menggunakan smartphone? Teknik dasar untuk merekam video dengan smartphone yaitu:

1. Usahakan smartphonenya selalu dalam keadaan steady/stabil. Usahakan jangan goyang saat merekam video. Kalau perlu gunakan aksesoris seperti tripod, monopod mini untuk menstabilkan smartphone.

2. Jangan mengunakan digital zoom, lebih baik berjalan mendekat ke subjek jika ingin merekam secara close-up.

3. Perhatikan pencahayaan lingkungan, hindari mengarahkan smartphone ke pencahayaan yang kurang merata, misalnya ada bagian yang gelap (dalam bayangan), dan ada yang terang sekali seperti langit. Karena smartphone tidak akan dapat menangkap secara sempurna cahaya yang berbeda gelap-terangnya.

4. Saat menggerakkan kamera, misalnya memutar kekiri atau ke kanan (panning) atau ke atas dan kebawah (tilting), usahakan melakukannya semantap mungkin dan tidak terlalu cepat.

Download Beta5. Jika merekam video di dalam ruangan atau malam hari, pertimbangkan untuk menambahkan aksesoris pencahayaan seperti lampu led untuk video.

6. Untuk komposisi video, jangan masukkan hal-hal yang tidak terlalu penting di latar belakang, usahakan subjeknya cukup besar dan jelas. Letakkan subjek agak ke kiri atau ke kanan, jangan selalu ditengah.

Semoga teknik-teknik dasar di atas dapat membantu Anda untuk merekam video yang lebih mantap.
 

Comments