Skip to main content

Featured

Metode Mutqin (Kuat) Hafalan Al-Qur'an Bagi Orang Yang “Sibuk”

Bismillah...Disarikan dari perbincangan via telepon antara penulis dengan Al Ustadz Al Fadhil Abdur Rahman Fadholi -Hafizhahullahu ta’alaa- tanggal 9 Sya’ban 1438 H.  Postingan ini agak panjang.  Jadi sebaiknya di simpan terlebih dahulu apabila memiliki ketertarikan untuk menyimak isinya.Beliau Al Ustadz adalah Juara MHQ Asia-Pasifik kelas 10 Juz 2017 yang baru selesai dilaksanakan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia.  Murid Syaikh Abdul Karim Al Jazayri -Hafizhahullahu ta’alaa-, dan Pembina Ma’had Ibnu Katsir di Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.
------------------------------------------------------------------
Pertanyaan yang penulis ajukan adalah, “Bagaimana metode muroja’ah (mengulang hafalan) dan menambah hafalan Alqur’an bagi seseorang yang sibuk?” Kemudian beliau menanyakan kondisi penulis saat ini.  Setidaknya ada tiga hal yang beliau ingin ketahui, yaitu:- Kondisi kesibukan saat ini
- Jumlah hafalan yang pernah di hafal
- Jumlah hafalan yang sudah mutqin (menempel kuat)Pertam…

Enam Tips Dasar Merekam Video Dengan Ponsel

Bismillah...

Bagaimana teknik untuk melakukan perekaman video dengan menggunakan smartphone? Teknik dasar untuk merekam video dengan smartphone yaitu:

1. Usahakan smartphonenya selalu dalam keadaan steady/stabil. Usahakan jangan goyang saat merekam video. Kalau perlu gunakan aksesoris seperti tripod, monopod mini untuk menstabilkan smartphone.

2. Jangan mengunakan digital zoom, lebih baik berjalan mendekat ke subjek jika ingin merekam secara close-up.

3. Perhatikan pencahayaan lingkungan, hindari mengarahkan smartphone ke pencahayaan yang kurang merata, misalnya ada bagian yang gelap (dalam bayangan), dan ada yang terang sekali seperti langit. Karena smartphone tidak akan dapat menangkap secara sempurna cahaya yang berbeda gelap-terangnya.

4. Saat menggerakkan kamera, misalnya memutar kekiri atau ke kanan (panning) atau ke atas dan kebawah (tilting), usahakan melakukannya semantap mungkin dan tidak terlalu cepat.

Download Beta5. Jika merekam video di dalam ruangan atau malam hari, pertimbangkan untuk menambahkan aksesoris pencahayaan seperti lampu led untuk video.

6. Untuk komposisi video, jangan masukkan hal-hal yang tidak terlalu penting di latar belakang, usahakan subjeknya cukup besar dan jelas. Letakkan subjek agak ke kiri atau ke kanan, jangan selalu ditengah.

Semoga teknik-teknik dasar di atas dapat membantu Anda untuk merekam video yang lebih mantap.
 

Comments

BACA JUGA