Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

Ini 'Hantu' yang Paling Ditakuti Pengguna Windows

Bismillah...

Apa yang paling ditakuti pengguna komputer? Sebagian besar pasti menjawab virus! Ya, virus, malware, ataupun program jahat lainnya merupakan ancaman yang menghantui pengguna komputer.

Nah, di tahun 2014 ini ada satu program jahat yang paling ditakuti. Dia adalah Cryptolocker.

"Kalau ditanyakan kepada Vaksincom, menurut kami justru ancaman yang harus paling ditakuti di tahun 2014 sampai hari ini oleh pengguna Windows adalah Cryptolocker," tegas Alfons Tanujaya, analis virus dari Vaksincom kepada detikINET, Kamis (30/1/2014).

"Dan kami tidak terkejut kalau ancaman ini akan bertahan untuk jangka waktu yang sangat lama," lanjutnya.

Upgrade
Alasannya, lanjut Alfons, karena senjata utama Cryptolocker mengenkripsi data penting komputer korbannya dengan enkripsi RSA 2048 sangat ampuh dan tidak (atau belum) ada obatnya.

"Jika varian Cryptolocker terdeteksi oleh antivirus, mereka dengan mudah membuat varian lain untuk kembali menyerang," kata Alfons.

Cryptolocker juga memanfaatkan bitcoin untuk mendapatkan uang dan seperti kita ketahui hal ini sangat sulit dilacak. Vaksincom pun disebut Alfons memiliki bukti cukup kuat pembayaran ransom Cryptolocker melalui bitcoin.

Selain itu, Cryptolocker memiliki kemampuan membuat domain random yang akan dihubungi sehingga secara teknis sangat sulit memblokir situs yang akan dihubungi seperti yang pernah dilakukan dahulu oleh para vendor antivirus dalam menghadapi Conficker.

"Ada juga beberapa korporat yang sudah menjadi korban Cryptolocker," imbuh Alfons.

Vaksincom sendiri saat ini tengah berusaha untuk membuat tools anti Cryptolocker dan bisa membuat komputer kebal dari varian Cryptolocker yang ada.

Comments