Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

Cara Mendownload Lagu & File Audio Dari Soundcloud v.2

Bismillah...

Beberapa bulan yang lalu saya pernah membahas tentang bagaimana cara mendownload lagu yang ada di soundcloud, pertama dengan menggunakan software dan yang kedua tanpa software.

Sebelumnya saya pernah mengatakan bahwa saya tidak pernah memberikan tips untuk membajak konten berbayar yang dimiliki oleh artis yang mengupload suaranya di soundcloud, saya hanya menunjukkan bagaimana cara mendapatkan berkas yang tersimpan di memori PC kita yang bisa saja terbuang sia-sia (karena cache dan cookie ini akan terhapus apabila kita melakukan pembersihan dengan software semacam ccleaner) ketika kita memutar sebuah track yang ada di soundcloud.

Anda belum mengerti maksud saya? Begini. Jadi, setiap kita memutar lagu di soundcloud, komputer kita akan secara otomatis menyimpan data browsing tersebut pada komputer kita guna mempercepat loading data apabila kita ingin memutarnya di lain waktu. Sama halnya ketika kita mebuka gambar ataupun streaming video di youtube atau memutar audio pada situs mana saja di internet. Inilah yang disebut dengan cache. Sebagai contoh, coba putar lagu dibawah ini:



Saat pemutaran pertama, akan terjadi buffering pada lagu ( akan terjadi bagi yang memiliki jaringan lemah) ini dikarenakan komputer kita sedang mengambil ruang untuk menyimpan data pemutaran lagu atau cache dari pemutaran tadi. Setelah lagu tersebut terputar habis coba putar kembali, apakah terjadi buffering? tentu tidak, karena data yang tersimpan atau cache tadilah yang kita putar .

Lalu apakah data tersebut tidak boleh kita miliki? tentu saja boleh. Yang dilarang dalam hak cipta adalah membeli konten mereka atau mencuri file aslinya lalu membajaknya untuk urusan jual beli atau disebar ke internet, sedangkan yang akan kita download adalah file untuk keperluan streaming yang berkualitas 128kbs tadi, seperti yang saya katakan sebelumnya. Jadi saya sarankan, apabila sobat sudah berhasil melakukan cara yang saya berikan, lebih baik jangan kembali disebar di internet, cukup sebagai koleksi pribadi saja, hehe.



Nah, kembali ke tips, cara yang ketiga ini begitu mudah, cara ini juga memiliki 2  metode; 1. Harus melalui sebuah website, 2. Tanpa mengunjungi website.

Download BetaMelalui website

1. Buka offliberty.com

2. Paste link lagu soundcloud tadi di area yang disediakan, lalu tekan off.

3. Tunggu prosesnya (Wait...) sampai tulisan save link as muncul.

4. Klik dan selesai.

1. Buka savefrom.net

2. Paste link lagu soundcloud tadi di area yang disediakan, lalu tekan download.

3. Tunggu prosesnya (Wait...) sampai link tulisan mp3 muncul.

4. Klik dan selesai.


Tanpa membuka website

Cara ini sebenarnya memanfaatkan fitu Temporary Internet Files yang ada pada windows. Sobat juga dapat mengunduh lagu atau file audio dari situs mana saja tanpa software ataupun website khusus dengan cara mencari langsung file audio tersebut di windows explorer kita. Caranya dengan memutar lagu yang terdapat di soundcloud tersebut baik melalui chrome, firefox, opera, safari, ataupun internet explorer. Tetapi khusus untuk cara ini saya rekomendasikan menggunakan firefox saja agar lebih mudah.

1. Putar sampai habis lalu buka explorer masuk ke temporary Internet files di windows explorer sobat. Sebelumnya sobat perlu menampilkan file yang tersembunyi dengan cara mengklik Tools>Folder zptions>View>Kemudian pilih Show Hidden Files and Folders dengan menghilangkan tanda centang pada Hide extensions for known file types.

2. Setelah lagu diputar sampai selesai masuk ke Temporary Internet files, dengan lokasi C:\Users\User\AppData\Local\Mozilla\Firefox\Profiles . Lalu buka folder yang memiliki nama tidak beraturan yang ada, contoh fq8spv7i.default, lalu buka folder cache. Untuk lebih mudahnya copas saja alamat diatas ke area dibawah seperti pada gambar:


3. Setelah membuka salah satu  temporary Internet files di atas, maka anda akan melihat beberapa daftar file cache, tuliskan * (bintang) pada kolom pencarian lalu tekan enter, akan terlihat banyak file dan folder. Kemudian klik "view" pada toolbar dan klik detail.  

4. Urutkan file menurut tanggal pembuatan file, dengan cara mengklik "date modifed" diatas daftar file, abaikan saja deretan folder dan carilah file yang memiliki tanggal pembuatan paling baru yang berukuran diatas 1 mb, pastikan sebelumnya tidak ada aktivitas lain yang sobat lakukan selain memutar lagu tadi pada browser firefox. 

5. Setelah sobat yakin telah menemukan file tadi, copas ke folder lain lalu rename file tersebut dengan menambahkan ekstensi .mp3. Contohnya file cache yang sobat dapat 33F73d01, maka ubah nama file tersebut menjadi 33F73d01.mp3 (jangan lupa tanda titik sebelum mp3).

6. Tes putar file tersebut. Bagaimana? mudah bukan? cara ini juga bisa sobat terapkan untuk mendownload video dari youtube atau dari mana saja.

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.

(mohon jangan dicopas bebas bro, sertakan sumbernya)

Comments