Skip to main content

Featured

Metode Mutqin (Kuat) Hafalan Al-Qur'an Bagi Orang Yang “Sibuk”

Bismillah...Disarikan dari perbincangan via telepon antara penulis dengan Al Ustadz Al Fadhil Abdur Rahman Fadholi -Hafizhahullahu ta’alaa- tanggal 9 Sya’ban 1438 H.  Postingan ini agak panjang.  Jadi sebaiknya di simpan terlebih dahulu apabila memiliki ketertarikan untuk menyimak isinya.Beliau Al Ustadz adalah Juara MHQ Asia-Pasifik kelas 10 Juz 2017 yang baru selesai dilaksanakan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia.  Murid Syaikh Abdul Karim Al Jazayri -Hafizhahullahu ta’alaa-, dan Pembina Ma’had Ibnu Katsir di Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.
------------------------------------------------------------------
Pertanyaan yang penulis ajukan adalah, “Bagaimana metode muroja’ah (mengulang hafalan) dan menambah hafalan Alqur’an bagi seseorang yang sibuk?” Kemudian beliau menanyakan kondisi penulis saat ini.  Setidaknya ada tiga hal yang beliau ingin ketahui, yaitu:- Kondisi kesibukan saat ini
- Jumlah hafalan yang pernah di hafal
- Jumlah hafalan yang sudah mutqin (menempel kuat)Pertam…

Mengenal Tiga Terminologi Dasar Dalam Seni Kaligrafi Islam

Bismillah...

Penjelasan tentang tiga istilah yang umum digunakan dalam dunia kaligrafi Islami.

Ingin membeli sebuah karya seni Islam untuk hiasan rumah ataupun kantor? Dibawah ini adalah penjelasan tentang tiga istilah atau terminologi dalam ilmu seni kaligrafi yang akan menambah wawasan teman-teman. Check it out!

1. Khat

Set Syahadat. Sakina Design

Khat adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan berbagai berbagai tipe aksara Arab. Seni menulis Khat nyaris punah karena tidak sepopuler seni tato atau seni hias-kuku di kalangan anak muda. Jumlah ragam dari khat kurang lebih sama banyaknya dengan jenis font di Microsoft Word, namun jenis yang paling khas adalah…

2. Kufi

Aksara Kufi. Sakina Design

Aksara kufi dapat dibedakan dari ragam aksara khat yang lain karena bentuknya yang lebih kaku dan bersudut bukannya kursif. Aksara Kufic juga sering ditemukan pada pola geometris keramik dalam arsitektur Islam.

Pola bergaya kaku dan bersudut dari kaligrafi kufi ini bisa menjadi pilihan indah untuk mendekorasi rumah-rumah bergaya kontemporer masa kini. Pola geometris dari kufi juga bisa dimanfaatkan sebagai pencetus topik percakapan dengan tamu Anda, karena seseorang harus melihat dengan teliti untuk bisa membaca kata-kata dalam bentuk-bentuk bersudut itu.

3. Arabesque

Bintang Malaysia karya Peter Gould

Jenis ini mengacu kepada pola dekoratif bergaya detail bertaut dengan motil floral atau geometris yang biasanya ditemukan pada arsitektur Islam atau karya seni dengan pengaruh Islam.

Banyak sejarawan percaya bahwa seni arabesque ini berkembang dalam kultur Islam karena secara tradisional, penggambaran manusia dan hewan secara umum dihindari. Struktur yang saling bertaut dan pola berulang lingkaran serta kotak dari seni arabesque ini dipercayai merefleksikan filosofi Islam yaitu harmoni dan keseimbangan.

Kira-kira sobat bisa tidak membaca kaligrafi diatas?

Gambar-gambar dipersembahkan oleh Sakina Design | Sumber artikel: Aquila Style (oleh Afia R Fitriati dengan sedikit pengubahan)

Comments

BACA JUGA