Skip to main content

Featured

Metode Mutqin (Kuat) Hafalan Al-Qur'an Bagi Orang Yang “Sibuk”

Bismillah...Disarikan dari perbincangan via telepon antara penulis dengan Al Ustadz Al Fadhil Abdur Rahman Fadholi -Hafizhahullahu ta’alaa- tanggal 9 Sya’ban 1438 H.  Postingan ini agak panjang.  Jadi sebaiknya di simpan terlebih dahulu apabila memiliki ketertarikan untuk menyimak isinya.Beliau Al Ustadz adalah Juara MHQ Asia-Pasifik kelas 10 Juz 2017 yang baru selesai dilaksanakan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia.  Murid Syaikh Abdul Karim Al Jazayri -Hafizhahullahu ta’alaa-, dan Pembina Ma’had Ibnu Katsir di Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.
------------------------------------------------------------------
Pertanyaan yang penulis ajukan adalah, “Bagaimana metode muroja’ah (mengulang hafalan) dan menambah hafalan Alqur’an bagi seseorang yang sibuk?” Kemudian beliau menanyakan kondisi penulis saat ini.  Setidaknya ada tiga hal yang beliau ingin ketahui, yaitu:- Kondisi kesibukan saat ini
- Jumlah hafalan yang pernah di hafal
- Jumlah hafalan yang sudah mutqin (menempel kuat)Pertam…

Apa Pengaruh Bergadang Bagi Kesehatan

Bismillah...



Assalamualaikum wr wb., Dok, suami saya seorang pekerja dan terkena shift malam. Bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatannya karena ia sering sekali begadang. Mungkin dalam satu bulan ia terbiasa begadang sampai 7 atau 10 hari berturut-turut. Siangnya sih kemudian tidur lagi. Terima kasih, Dok.

Dedeh

Wa'alaikumsalam wr wb., Bu Dedeh yang baik, secara umum begadang memang tidak baik untuk kesehatan. Karena tubuh kita secara normal membutuhkan istirahat pada malam hari. Seperti yang disebutkan dalam Quran Surat An-Naba, “dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat, dan Kami jadikan malam sebagai pakaian, dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan,” (9-11).

Tapi untuk kondisi tertentu, seperti pekerjaan, tentu tidak bisa dihindari.

Bagaimana kita menyikapinya ini yang penting.

Beberapa hal yang perlu dilakukan ketika begadang adalah :

1. Banyak minum air putih

2. Memakan makanan yang mudah dicerna seperti buah-buahan

3. Memakai pakaian yang hangat

4. Jika perlu minum suplemen atau madu.

5. Besoknya harus cukup tidur, sebagai pengganti tidur malam

6. Olahraga teratur di saat libur.

Seperti kata Bang Haji Rhoma, “Begadang boleh saja, asal ada perlunya..” []

Sumber: Islampos.

Comments

BACA JUGA