Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

Apa Pengaruh Bergadang Bagi Kesehatan

Bismillah...



Assalamualaikum wr wb., Dok, suami saya seorang pekerja dan terkena shift malam. Bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatannya karena ia sering sekali begadang. Mungkin dalam satu bulan ia terbiasa begadang sampai 7 atau 10 hari berturut-turut. Siangnya sih kemudian tidur lagi. Terima kasih, Dok.

Dedeh

Wa'alaikumsalam wr wb., Bu Dedeh yang baik, secara umum begadang memang tidak baik untuk kesehatan. Karena tubuh kita secara normal membutuhkan istirahat pada malam hari. Seperti yang disebutkan dalam Quran Surat An-Naba, “dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat, dan Kami jadikan malam sebagai pakaian, dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan,” (9-11).

Tapi untuk kondisi tertentu, seperti pekerjaan, tentu tidak bisa dihindari.

Bagaimana kita menyikapinya ini yang penting.

Beberapa hal yang perlu dilakukan ketika begadang adalah :

1. Banyak minum air putih

2. Memakan makanan yang mudah dicerna seperti buah-buahan

3. Memakai pakaian yang hangat

4. Jika perlu minum suplemen atau madu.

5. Besoknya harus cukup tidur, sebagai pengganti tidur malam

6. Olahraga teratur di saat libur.

Seperti kata Bang Haji Rhoma, “Begadang boleh saja, asal ada perlunya..” []

Sumber: Islampos.

Comments