Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

Mengapa Setan Memilih Kamar Mandi Sebagai Tempat Tinggal?

Bismillah...


Kita mungkin pernah mendengar ungkapan “Jangan terlalu lama di kamar mandi, nggak baik!”. Alasan tidak baik, karena kamar mandi adalah tempat tinggal setan. Lebih-lebih yang suka bernyanyi dan bersiul-siul di dalam WC, atau malah sambil buang hajat, wah, bahaya tuh nanti setannya malah joget ^_^. Yang jadi masalahnya sekarang adalah, mengapa setan  memilih kamar mandi untuk dijadikan rumah?

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menceritakan bahwa iblis meminta tempat tinggal kepada Allah SWT seperti halnya Allah SWT memberikan tempat tinggal anak-anak Adam berada di bumi.

”Ya Allah, adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal,” kata iblis.

Allah SWT berfirman: ”Tempat tinggalmu adalah air (kamar mandi atau jamban),” (HR. Bukhari).

Dari situlah kemudian iblis menggoda setiap orang yang memasuki rumahnya yaitu kamar mandi, toilet atau kakus.

Godaan iblis bermacam cara. Contohnya menggoda manusia agar:

1. Berlama-lama di kamar mandi.
2. Bernyanyi atau berbicara.
3. Bermain-main air atau sesuatu yang lain (mendengar musik).
4. Membisiki seseorang supaya kencing sambil berdiri.
5. Membiarkan baju yang kotor tergantung dalam kamar mandi.
6. Melupakan seseorang untuk berdo’a ketika akan masuk atau keluar dari kamar mandi.
7. Melakukan hal yang tidak sopan;
8. Melakukan wudhu sambil telanjang.
9. Mengotori dinding kamar mandi.
10. Merencanakan kejahatan.

Maka dari itu, berhati-hatilah sewaktu berada di WC ataupun kamar mandi. Tipsnya, manfaatkanlah kamar mandi dengan seperlunya saja seperti  mandi, buang air dan lain-lain dengan sewajarnya. Jangan berlama-lama di dalamnya, lebih cepat lebih baik.

source: Zilzaal blog; dengan pengubahan dan adaptasi bahasa.

Comments