Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

Bagaimanakah Reaksi Kita Ketika Disinggung, Seperti Umar ataukah Abu Jahal?

Bismillah...

Ketika orang lain mengemukakan kesalahan atau keburukan yang kita lakukan, kayaknya susah untuk menghindar dari rasa tersinggung, sebaik apapun penyampaian yang disampaikan. Namun ternyata ada dua sikap yang muncul dari ketersinggungan itu.

Sikap Abu Lahab yang ketika tersinggung, marah dan tidak menggubris apakah yang disampaikan kepadanya benar atau salah, dan sikap Umar bin Khattab yang walau marah besar ketika tersinggung dengan dibacanya ayat Al Qur'an, namun tidak membuatnya menutup mata dan hati dari memahami apa yang disampaikan kepadanya, sehingga akhirnya dia melihat dan menerima kebenaran.

Maka jika yang diinginkan hidayah, contohlah Umar, jika isi kritikan itu benar adanya, benar faktanya, terima. Jika tidak benar adanya dan tidak benar faktanya, luruskan.

Nyerang balik, mengalihkan pembicaraan, maki-maki, namun tidak menjawab apa kritikan yang disampaikan benar atau salah .... itu maaf saja ... type Abu Lahab.

Hidayah akan terlewatkan.

#copas and #share

Comments