Skip to main content

Featured

Metode Mutqin (Kuat) Hafalan Al-Qur'an Bagi Orang Yang “Sibuk”

Bismillah...Disarikan dari perbincangan via telepon antara penulis dengan Al Ustadz Al Fadhil Abdur Rahman Fadholi -Hafizhahullahu ta’alaa- tanggal 9 Sya’ban 1438 H.  Postingan ini agak panjang.  Jadi sebaiknya di simpan terlebih dahulu apabila memiliki ketertarikan untuk menyimak isinya.Beliau Al Ustadz adalah Juara MHQ Asia-Pasifik kelas 10 Juz 2017 yang baru selesai dilaksanakan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia.  Murid Syaikh Abdul Karim Al Jazayri -Hafizhahullahu ta’alaa-, dan Pembina Ma’had Ibnu Katsir di Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.
------------------------------------------------------------------
Pertanyaan yang penulis ajukan adalah, “Bagaimana metode muroja’ah (mengulang hafalan) dan menambah hafalan Alqur’an bagi seseorang yang sibuk?” Kemudian beliau menanyakan kondisi penulis saat ini.  Setidaknya ada tiga hal yang beliau ingin ketahui, yaitu:- Kondisi kesibukan saat ini
- Jumlah hafalan yang pernah di hafal
- Jumlah hafalan yang sudah mutqin (menempel kuat)Pertam…

Bagaimanakah Reaksi Kita Ketika Disinggung, Seperti Umar ataukah Abu Jahal?

Bismillah...

Ketika orang lain mengemukakan kesalahan atau keburukan yang kita lakukan, kayaknya susah untuk menghindar dari rasa tersinggung, sebaik apapun penyampaian yang disampaikan. Namun ternyata ada dua sikap yang muncul dari ketersinggungan itu.

Sikap Abu Lahab yang ketika tersinggung, marah dan tidak menggubris apakah yang disampaikan kepadanya benar atau salah, dan sikap Umar bin Khattab yang walau marah besar ketika tersinggung dengan dibacanya ayat Al Qur'an, namun tidak membuatnya menutup mata dan hati dari memahami apa yang disampaikan kepadanya, sehingga akhirnya dia melihat dan menerima kebenaran.

Maka jika yang diinginkan hidayah, contohlah Umar, jika isi kritikan itu benar adanya, benar faktanya, terima. Jika tidak benar adanya dan tidak benar faktanya, luruskan.

Nyerang balik, mengalihkan pembicaraan, maki-maki, namun tidak menjawab apa kritikan yang disampaikan benar atau salah .... itu maaf saja ... type Abu Lahab.

Hidayah akan terlewatkan.

#copas and #share

Comments

BACA JUGA