Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

Kenalan Sama Raef Haggag Yuk | Penyanyi Islami Dari Amerika

Bismillah...



Sobat tentu sudah mengenal penyanyi yang satu ini. Raef, populer berkat lagu-lagu cover yang diubah ke dalam nuansa Islami seperti "It's Jumuah", "Man In The Mirror""With You", "I'm Yours" yang diunggahnya ke youtube beberapa waktu lalu.
.
Raef lahir dengan nama Raef Haggag di Washington DC dan dibesarkan di Maryland. Raef adalah seorang penyanyi - penulis lagu, pengajar ilmu komputer di SMA (keren ^_^), dan musisi. Raef telah menjadi Guru selama lebih dari 5 tahun dan sekarang mengajar C++, Java script, dan Java AP di sekolah tinggi Northwest di Germantown, Maryland, dan juga telah mengembangkan kurikulum, proyek, dan prestasi khusus di tujukan untuk mahasiswa ilmu komputer sekolah tinggi.

Raef yang juga merupakan salah satu musisi label rekaman Awakening Records yang juga menaungi Maher Zain, Mesut Kurtis, Hamza Namira,  Irfan Makki dan Sami Yusuf ( yang kini keduanya sudah keluar) ini baru saja merilis single berjudul You Are The One untuk album perdananya "The Path".



Raef telah tampil di seluruh Amerika Serikat dan dikenal karena lirik yang unik dan suara akustik. Selain itu, Raef sudah bertahun-tahun melakukan tour dengan Outlandish, Dawud Wharnsby dan Naeem Muhammad. Dengan semangat edukasinya, kepekaan seorang penyair, perspektif adventure. Musik Raef telah memperluaskan makna sempit musik religius dengan lagu-lagu yang melampaui dimensi rohani, merefleksikan pencarian manusia akan tujuan hidup yang lebih besar.

Pada sebuah kesempatan di tahun 2012, BlessedIslam.com sempat mewawancarai Raef. Terjemahan ke dalam bahasa Indo diambil dari negeriseribukata.blogspot.com. Thanks to the Admin :)

1. Pertama-tama, bisakah Anda ceritakan sedikit tentang diri Anda sendiri?
Raef: Yang pasti, nama saya Raef. Saya seorang penyanyi/penulis lagu, dan seorang guru SMA. Saya berasal dari Washington D.C dan saya sudah mengajar di sekolah umum Maryland selama hampir 7 tahun. Saya menyukai real-time-strategy computer games, menggambar, memancing, kayak, dan saya benar-benar suka membaca buku sejarah!

2. Bagaimana Awakening Records mendekati Anda? Atau Anda yang mendekati mereka?
Raef: Jalan (takdir) kami bertemu saat sedang tour di "Poetic Vision Tour" -sebuah band musisi jalanan, penyair, dan seniman visual. Kami berbagi visi yang sama tentang musik jadi rasanya hal yang tepat menjadi bagian dari "keluarga Awakening". :)

3. Bagaimana rasanya bekerja dengan mereka?
Raef: Itu adalah sebuah keberkahan. Kadang, saya tidak merasa seperti saya bekerja sama sekali - persis bagaimana saya berpikir seperti itulah sebaiknya. Hal yang luarbiasa untuk memiliki grup yang tulus, teman yang berpikir terbuka untuk mendukung dan mengkritik musik saya dengan pemikiran yang benar. Alhamdulillah, itu terasa luarbiasa!

4. Ketika kami melihat Awakening Records di Facebook dan artist-artistnya, kita bisa melihat ada sebuah rasa kesatuan diantara mereka. Contohnya, satu artist men-share video artist lainnya di halaman Facebook mereka dan sebagainya. Bagaimana setiap orang saling berhubungan?
Raef: Ya, karena kami tinggal di benua yang berbeda -kami tidak bisa melihat satu sama lain secara personal sesering yang kami inginkan. Tapi, terlepas dari jarak yang ada, kami merasa saling berhubungan karena kami bekerja untuk alasan mulia yang sama - dimana itu adalah sebuah keberkahan yang tidak ingin saya abaikan. Alhamdulillah.

5. Darimana Islam dan Keyakinan masuk dalam musik Anda?
Raef: Saya percaya pada Tuhan, Rasul-Nya, Kitab-Nya, dan hari Pertanggungjawaban (Akhirat). Islam sesuai/cocok dengan visi dan gaya hidup saya dan sesutau yang menyenangkan mengetahui milyaran orang di seluruh dunia beribadah kepada Allah dan masuk surga dengan rahmat-Nya. Setiap orang memiliki peran yang unik untuk dimainkan dan sesuatu yang spesial dalam hidup mereka. Musik menjadi sesuatu yang istimewa bagi saya dan untuk itulah lagu yang saya tulis dan saya nyanyikan dipengaruhi oleh keyakinan saya pada Allah dan jalan hidup saya.

6. Anda baru saja me-release "cover" Rebecca Black, tapi dengan sentuhan Islami. Dimana ide "covering" lagu itu datang?
Raef: Saya sebenarnya tidak pernah menulis lagu. Salah satu teman saya, Faisal dari Houston, Texas, menulis dan menyanyikan parodinya beberapa waktu lalu. Saya adalah fan berat lagu-lagu "cover" dan saya menyanyikan lagunya dengan gitar akustik... dan saya menikmatinya! Saya suka bagaimana lagu itu menggambarkan kebudayaan/kebiasaan seorang muslim yang dilakukan oleh berjuta-juta orang di seluruh dunia (Miswaking, Waking up for Fajr, other sunnahs). "It’s a wonderful, lighthearted way to turn a song know for its rather empty-lyrics to something simple, catchy, and that connects with millions world wide". (Maksudnya mungkin mengubah lagu yang dikenal banyak orang, yang awalnya tuh lirik terasa kosong diubah menjadi lirik yang sederhana, menarik, dan berhubungan dengan jutaan orang di dunia). Jadi, saya angkat topi untuk Faisal yang telah menulis parodi ini.

With Maher Zain
7. Seperti apa reaksi yang terjadi? Apakah yang Anda harapkan?
Raef: Reaksinya adalah... viral (virus??? kurang ngerti maksudnya gimana. Mungkin reaskinya beda-beda). Saya pikir adalah hal yang tak terduga atas respon yang luarbiasa positif dari para orangtua dengan anak-anak muda serta anak-anak itu sendiri. Saya tidak pernah menyanyikan lagu anak-anak. Jadi itu adalah kejutan yang menyenangkan. Alhamdulillah.

8. Single terakhir Anda adalah Bob Marley cover dengan judul "Redemption Song", apa maksud di balik lagu itu?
Raef: Hmm... bagaimana saya harus memulainya? Ini adalah salah satu lagu favorit saya dan salah satu lagu pertama yang saya pelajari saat belajar memainkan gitar. Saya suka bagaimana sederhana dan tulusnya lagu tersebut. Salah satu kalimat favorit yang ditulis Bob Marley dalam lagu ini adalah "Emancipate yourselves from mental slavery (membebaskan diri dari perbudakan mental)." Seringkali, kita membaca tentang perbudakan fisik dan betapa mengerikannya itu bagi para korban. Tapi kita lupa tentang perbudakan mental (ghowzul fikri), yang mana saya pikir lebih bersifat menghancurkan.

Kebebasan yang sesungguhnya dan emansipasi yang nyata hanya bisa datang jika kita membebaskan pikiran kita dari perbudakan, dan menurut saya hal itu hanya bisa terjadi saat kita menyerahkan diri pada Allah, tanpa perantara. Yang mana itu adalah definisi dari Islam, bukan? Karena sekali Anda menyerahkan diri pada Allah, ketakukanmu akan hal lain (syaitan, penindasan, kemiskinan, dan kematian) akan hilang.

Saya juga suka kalimat "My hand was made strong, by the hand of the Almighty (Tangan saya dibuat kuat oleh tangan Yang Maha Kuasa)" - dimana itu adalah sebuah pengakuan langsung akan kekuatan dan kekuasaan Tuhan. Atau dalam kalimat yang sering kita ucapkan "Laa haula wa laa quwwata illaa billaah (Tiada daya dan upaya melainkan atas izin Allah)".

Jadi ya, kita bisa dan boleh mendengarkan lagu-lagu populer, radio, atau bahkan lagu-lagu klasik yang tidak secara ekplisit Islami namun sejalan dengan ajaran para Nabi.

9. Kita bisa melihat dari Facebook, Anda akan segera membuat album dengan lagu yang original. Akankan lagu-lagunya bernuansa Islami?
Raef: Ya, InsyaAllah. Kami (Awakening Records) sudah bekerja keras di album perdana saya sejak Juli kemarin dan saya meminta kepada Allah untuk memberikan keberkahan dalam pekerjaan kami. InsyaAllah, lagu-lagunya menyenangkan, penuh harapan, penuh semangat, dan menginspirasi. Dan yeah, bukankah hal itu yang membuatnya menjadi Islami?

10. Selain Album yang akan datang, apa yang penggemar bisa harapkan dari Anda di masa depan? Sudahkah Anda memiliki rencana?
Raef: Saya tidak memiliki banyak rencana. Saya hanya melakukan apa yang ada di hadapan saya. Tapi saya suka tampil secara langsung (live performances) dan meng-cover lagu-lagu. Jadi, sementara menunggu album rampung, kami berencanya me-release lebih banyak lagi lagu-lagu cover dan berharap mendapatkan kesempatan tampil. IsnyaAllah.

11. Terakhir, bisakah Anda mengatakan sesuatu untuk semua orang yang telah mendukung Anda?
Raef: Tentu! Saya ingin minta doa yang tulus mereka karena kerja keras ini tidak akan berhasil tanpa keberkahan dari Allah. Saya juga ingin berterima kasih kepada mereka yang mendengarkan lagu saya sekarag dan nanti. Saya merasa diberkahi dan beruntung bisa memiliki penonton. Alhamdulillah, alhamdulillah, alhamdulillah. :)

Klip dan Video Cover

Raef - It's Jumuah [Friday] (Rebecca Black Cover)




Raef - Man In The Mirror (Michael Jackson Cover)




Raef - With You (Chris Brown Cover)




Raef - [Rabbee] I'm Yours (Jason Mraz Cover)




Raef - You Are The One | From "The Path" Album: 06.06.2014




Raef - It's Jumuah (Animated Version) | [Rebecca Black Cover]





Sekian dulu pembahasan tentang biografi Raef. Bagi yang ingin tahu banyak tentang Raef bisa mengunjungi web nya http://www.raefmusic.com/. God bless you!

Comments