Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

Cara Menggunakan DNS Google di Windows 8.1

Bismillah...



Pusing karena tidak bisa mengakses sebuah domain, website, atau blog? Beberapa waktu lalu saya juga dipusingkan oleh tidak bisa diaksesnya blog ini (faqihjauzy.com) melalui laptop teman yang menggunakan jaringan wifi. Awalnya saya berfikir mungkin saja blog ini sudah terblokir oleh google, karena setiap kali dibuka yang muncul selalu kata-kata "Oops! Google Chrome bla bla bla" (kebetulan browser yang ada cuma chrome). Karena sudah terlanjur negative thinking sama mas Google, saya cari cara bagaimana agar blog ini bisa di akses kembali.

Pertama kali, saya buka Blogger support, jawaban yang saya dapatkan nihil. Setelah googling kesana kemari dan tidak menemukan jawaban apa-apa, saya pun memutuskan untuk bertanya pada Technical Support domain tempat saya membeli domain, alhamdulillah saya menemukan jawabnnya, setelah saya coba pun akhirnya berhasil. Ternyata masalahnya ada pada setingan DNS laptop teman saya. Solusinya, merubah setting DNS-nya.

Perubahan setting DNS di komputer ini bisa dilakukan jika suatu domain gagal diakses dari suatu koneksi/ISP, namun berhasil diakses menggunakan koneksi internet yang berbeda. Tapi perlu diingat bahwa dengan menggunakan DNS Google ini tidak menjamin bahwa domain Anda bisa langsung diakses dengan baik, karena banyak faktor yang bisa menyebabkan suatu domain tidak bisa diakses.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengubah DNS pada koneksi internet yang digunakan menjadi DNS-nya Google pada komputer/laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 8 atau 8.1 (berlaku juga untuk windows 7):

Pertama-tama, arahkan mouse ke pojok kanan atas layar, klik search. Ketikkan control panel dan buka. Dari control panel cari "Network and Sharing Center" 

 Setelah itu, klik pada Change adapter settings hingga muncul seperti ini:


Pastikan anda tahu koneksi internet yang anda gunakan. Pada gambar saya menggunakan jaringan LAN Ethernet. Kemudian kemudian klik kanan pada koneksi internet yang sobat gunakan dan pilih Properties.


Selanjutnya pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan klik Properties.


Setelah itu ubah seting DNS-nya menjadi 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 dan klik OK. Setelah perubahan DNS ke DNS-nya Google dilakukan, bisa dicoba kembali untuk mengakses halaman web yang semula tidak bisa bisa diakses tersebut. Jika domain tersebut masih belum bisa diakses, sedangkan dari koneksi internet yang berbeda bisa, sebaiknya segera menghubungi ISP yang Anda gunakan. 

Sekian tips Cara Menggunakan DNS Google di Windows 8.1, selamat mencoba.

Sumber materi: Rumahwebs

Comments