Skip to main content

Featured

Metode Mutqin (Kuat) Hafalan Al-Qur'an Bagi Orang Yang “Sibuk”

Bismillah...Disarikan dari perbincangan via telepon antara penulis dengan Al Ustadz Al Fadhil Abdur Rahman Fadholi -Hafizhahullahu ta’alaa- tanggal 9 Sya’ban 1438 H.  Postingan ini agak panjang.  Jadi sebaiknya di simpan terlebih dahulu apabila memiliki ketertarikan untuk menyimak isinya.Beliau Al Ustadz adalah Juara MHQ Asia-Pasifik kelas 10 Juz 2017 yang baru selesai dilaksanakan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia.  Murid Syaikh Abdul Karim Al Jazayri -Hafizhahullahu ta’alaa-, dan Pembina Ma’had Ibnu Katsir di Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.
------------------------------------------------------------------
Pertanyaan yang penulis ajukan adalah, “Bagaimana metode muroja’ah (mengulang hafalan) dan menambah hafalan Alqur’an bagi seseorang yang sibuk?” Kemudian beliau menanyakan kondisi penulis saat ini.  Setidaknya ada tiga hal yang beliau ingin ketahui, yaitu:- Kondisi kesibukan saat ini
- Jumlah hafalan yang pernah di hafal
- Jumlah hafalan yang sudah mutqin (menempel kuat)Pertam…

Kebahagian Kita Ada Pada Kebahagiaan Orang Lain

Bismillah...

Suatu saat sekelompok 500 berkumpul untuk menghadiri sebuah seminar. Ditengah-tengah acara, tiba-tiba sang pembicara berhenti menyampaikan materi, dan memutuskan untuk melakukan kegiatan kelompok. Dia pun memulai dengan membagikan masing-masing satu balon per orang. Setiap orang kemudian diminta untuk menulis nama mereka di atasnya menggunakan spidol. Kemudian semua balon dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam ruangan lain.

Orang-orang kemudian dibiarkan masuk ke dalam ruangan itu dan diminta untuk menemukan balon yang tertulis dengan nama mereka masing-masing dalam jangka waktu 5 menit. Semua orang pun panik mencari nama mereka, bertabrakan satu sama lain, saling mendorong dan terjadilah kekacauan.

Waktu pun habis dan tak seorangpun bisa menemukan balon mereka sendiri. Lalu, pembicara meminta setiap orang untuk secara acak mengumpulkan balon dan memberikannya kepada orang yang namanya tertulis di atasnya. Dalam hitungan beberapa menit semua orang pun mendapatkan balon mereka.

Pembicara kemudian mulai berbicara, "Hal ini terjadi dalam kehidupan kita. Semua orang panik mencari kebahagiaan dimana-mana, mereka tidak tahu dimana tempatnya.

Kebahagiaan kita terletak pada kebahagiaan orang lain. Berilah mereka kebahagiaan mereka; Anda pasti akan mendapatkan kebahagiaan Anda sendiri.

Diterjemahkan dari sebuah kisah berbahasa inggris dari fanpage #FatihSeferagic

Comments

BACA JUGA