Skip to main content

Featured

Metode Mutqin (Kuat) Hafalan Al-Qur'an Bagi Orang Yang “Sibuk”

Bismillah...Disarikan dari perbincangan via telepon antara penulis dengan Al Ustadz Al Fadhil Abdur Rahman Fadholi -Hafizhahullahu ta’alaa- tanggal 9 Sya’ban 1438 H.  Postingan ini agak panjang.  Jadi sebaiknya di simpan terlebih dahulu apabila memiliki ketertarikan untuk menyimak isinya.Beliau Al Ustadz adalah Juara MHQ Asia-Pasifik kelas 10 Juz 2017 yang baru selesai dilaksanakan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia.  Murid Syaikh Abdul Karim Al Jazayri -Hafizhahullahu ta’alaa-, dan Pembina Ma’had Ibnu Katsir di Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.
------------------------------------------------------------------
Pertanyaan yang penulis ajukan adalah, “Bagaimana metode muroja’ah (mengulang hafalan) dan menambah hafalan Alqur’an bagi seseorang yang sibuk?” Kemudian beliau menanyakan kondisi penulis saat ini.  Setidaknya ada tiga hal yang beliau ingin ketahui, yaitu:- Kondisi kesibukan saat ini
- Jumlah hafalan yang pernah di hafal
- Jumlah hafalan yang sudah mutqin (menempel kuat)Pertam…

Download Kumpulan Adzan Mishary Alafasy | 10 Maqam, 35 Adzan

Bismillah...

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ummat islam sangat suka mendengarkan lantunan suara adzan yang indah lagi merdu. Selain penggerak semangat seorang muslim untuk melangkahkan kakinya ke masjid, merdunya lantunan adzan pula dapat menjadi simbol sejati seorang muadzzin dimana karakteristik muadzzin sejati tentunya diharuskan memiliki suara dan lantunan yang indah lagi merdu. . Bahkan dalam sebuah riwayat disebutkan, bahwa hal terbesar yang mampu mengusir jin adalah suara adzan.


Di kalangan kita orang Indonesia, Adzan bisa dikategorikan sebagai salah satu adat yang benar-benar dilestarikan secara turun temurun dan memiliki nilai art dan heritage. Ini bisa dibuktikan dari fakta bahwa banyak dari kalangan ummat Islam yang berada di desa pelosok dan terpencil yang masih memiliki lagu yang merdu khas kakek buyut mereka ketika melantunkan adzan di masjid-masjid mereka, meskipun ada sebagian yang terdengar biasa-biasa saja. Itulah faktanya. Tetapi zaman semakin berkembang, orang-orang zaman semakin berinovasi dan menyukai hal-hal baru.

Jika membahas lagu adzan, menurut saya versi lagu (atau biasa disebut maqam) adzan yang paling sering ditirukan oleh muadzzin di masjid-masjid kampung atau perkotaan adalah versi Hijazy ala adzan Masjidil Haram, Rast ala Qari Muammar, atau adzan Nahawand yang menurut pengalaman saya pertama kali terdengar dari muadzzin Malaysia, atau adzan Bayaati yang paling biasa didengar. Padahal jika mau, ada banyak jenis lagu yang bisa digunakan, asal mau memperdalam ilmu melagukan suara dan memiliki wawasan yang luas dalam bidang seni qiraatil qur'an.

Saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya semasa mondok di Pesantren dahulu. Di kampung saya sudah menjadi hal lumrah, bahwa lagu-lagu seperti yang saya sebutkan diatas (bagi yang tidak faham harap maklum hehe) adalah adzan yang paling indah, paling signifikan dan paling disukai oleh masyarakat, sehingga para muadzzin dikampung saya pun tidak memiliki pilihan lain selain lagu-lagu tersebut.

Pada suatu hari saat waktu Dzuhur tiba, saya memberanikan diri untuk menggunakan adzan Mishary Rasyid yang masih terbilang asing dan belum pernah ada seorang pun yang menggunakannya. Waktu itu saya baru-baru belajar adzan. Dengan modal suara yang lumayan tetapi agak sedikit nervous dan lagu adzan yang belum terlalu dikuasai (hehe), akhirnya saya nekad untuk berhasil mencapai bait terakhir. Sehabis shalat saya langsung ditegur oleh beberapa jamaah bahkan muadzzin untuk tidak menggunakan adzan tersebut, "Adzanmu itu masih aneh di telinga orang, ga usah dipake dulu!", padahal menurut saya adzan tersebut amzaing banget! Ada juga yang mengatakan "Adzanmu itu terlalu dilebay-lebaykan, ndak pinek-pinek suere mek!! (artinya: jangan terlalu dibuat-buat suaramu itu (sasak)).

Mendengar teguran dari orang-orang, saya merasa agak kecewa, tetapi saya berfikir mungkin saya belum terlalu menguasai adzan tersebut, atau telinga orang-orang masih belum terbiasa dengan hal-hal baru, tetapi saya tidak patah semangat. Saya terus belajar dari kakak-kakak senior (salah satunya sepupu saya yang bernama Firdaus, sure, he has a golden sound), saya terus mengasah kemampuan. Lama kelamaan adzan tersebut mulai digemari, ditiru oleh adik-adik kelas saya, bahkan muadzzin senior. It's so cool! Alhamdulillah. :)

Back to the topic, adzan termerdu yang pernah saya dengar adalah adzan milik Syaikh Mishary Rosyid Alafasy. Saya banyak terinspirasi dari beliau dalam hal ini. Beliau adalah seorang hafidz, qari', khatib, Imam, muadzzin, munsyid, dan beliau adalah orang yang fleksibel dan benar-benar menguasai bidang-bidang tersebut, khususnya dalam bidang Adzan. Dan kemungkinan anda kaget dengan judul artikel ini, tapi faktanya beliau memang benar-benar memiliki kurang lebih 20 versi lagu adzan yang berbeda-beda. Bagi kita mungkin masih terbilang woow dan masih banyak yang terdengar asing... coba dengar adzan-adzan berikut.




Menurut lagunya, adzan-adzan diatas akan saya kelompokkan menjadi beberapa maqam/versi.Versi Shoba, Nahawand, Bayyati, Lamy, Hijaz, Sika, Kurdi, Rast, Nawa, dan Ajmi

Download

Sebelum mendownload, ikuti intruksi ini:

1. Seluruhnya adalah adzan dari suara Mishary Rashid Alafasy
2. Adzan yang bertuliskan "Fajr" adalah adzan shubuh yang didalamnya terdapat lafaz "Ash Shalaatu khairum minan naum" 
3. Adzan dikelompokkan menurut tahun, karena masing-masing memiliki nada atau lagu berbeda. 
4. Jika terdapat broken link, mohon kirim pesan ke facebook.com/faqiheljauzy
5. Selamat mendownload! jangan lupa baca Bismillah.

1. Versi Shaba


Shaba 2014 
Shaba 2014 2 
Shaba 2014 Fajr
Shaba 2014 2 Fajr


2. Versi Nahawand



Nahawand 2010
Nahawand 2014
Nahawand 2014 Fajr

3. Versi Bayyati


Bayyati 2014
Bayyati 2014 Fajr

4. Versi Lamy


Lamy 2005
Lamy 2005 Fajr


5. Versi Hijaz


Hijaz 2010
Hijaz 2013
Hijaz 2014
Hijaz 2010 Fajr
Hijaz 2013 Fajr
Hijaz 2014 Fajr

6. Versi Sika


Sika 2014
Sika 2014 Fajr

7. Versi Kurd


Kurd 2008
Kurd Hi 2010
Kurd Mine 2010
Kurd Low 2010
Kurd 2014
Kurd Low 2010 Fajr
Kurd 2008 Fajr
Kurd 2014 Fajr

8. Versi Rast


Rast 2014
Rast 2014 Fajr

9. Versi Nawa 


Nawa 2005
Nawa Atsar 2014 
Nawa Atsar 2014 Fajr  

10. Versi Ajmi 



********

Itulah 35 adzan Mishary Rasyid Alafasy, semoga bermanfaat untuk anda semua. Jika ingin mencopas artikel, tampilkan sumbernya!

Comments

BACA JUGA