Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

Siwak Kini Hadir Dengan Kemasan Kapsul Yang Canggih

Bismillah...


Siapa yang tidak kenal siwak? Tentu sudah tak asing lagi bagi kita. Siwak atau miswak (Arab:سواك) adalah dahan atau akar dari pohon Salvadora persica yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Oleh karena itu semua dahan atau akar pohon apa saja boleh digunakan untuk bersiwak jika memenuhi persyaratannya, yaitu lembut, bisa membersihkan dan berserat serta bersifat basah, seratnya tersebut tidak berjatuhan ketika digunakan untuk bersiwak sehingga bisa mengotori mulut. (Wikipedia)

Baru-baru ini, telah ditemukan sebuah inovasi baru mempermudah penggunaan alat kebersihan gigi, yang menjadi sunnah yang digalakkan oleh Rasulullah ini. Adalah Leen Sadder, seorang mahasiswi Libanon di School of Visual Arts in New York menemukan hal unik ini, yaitu membuat sebuah wadah untuk siwak yang bisa menjaga kelembaban dan kebersihannya. Proyek ini kemudian disebut dengan THIS Toothbrush. THIS kini mendapat pengakuan internasional dan menjadi topik pembicaraan yang hangat internet.

Tidak aneh memang. Pengemasan ulang siwak ke dalam Cutter Case – wadah pemotong – super keren yang dilakukan Leen tidak hanya praktis namun juga memberi kemudahan. Kemasan plastiknya menjaga agar siwak tetap bersih dan lembab, dan bagian penutupnyanya berfungsi sebagai pemotong, pengelupas, dan pengunyah ranting untuk mendapatkan serat baru.

Bagaimana semua itu berawal


Kisah THIS ini bermula pada tahun 2010 sebagai sebuah proyek kuliah, dimana pada suatu hari Leen Sadder mendapat tugas untuk merancang ulang hal yang pertama kali dibuang setelah meninggalkan kelas. Dia pulang malam itu dan membuang sebuah tabung kemasan pasta gigi kosong.

Setelah melakukan beberapa riset mengenai sejarah pasta gigi dan sikat gigi, dia pun menemukan sebuah artikel yang membahas tentang manfaat Siwak, alat pembersih gigi kuno membersihkan gigi yang sangat populer di Afrika, India, Pakistan dan bagian Timur Tengah.
Ilustrasi awal THIS

Menyadari tantangan yang ada di tangan, Leen memutuskan untuk menciptakan produk yang memodernisasi teknik kuno dan membuatnya lebih mudah untuk menggunakan. Ia pun membuat merek, logo, dan menyadari bahwa hal ini masih bersifat hipotesis untuk dipasarkan kepada konsumen barat yang tidak tahu banyak tentang Siwak. 


Dia menciptakan sebuah prototipe kilat dari penutub dan tabung cutter, dan dirancang beberapa simulasi di photoshop kemudian kampanye iklan dan dan website-yang kemudian melahirkan ide awal dari bentuk THIS. Seminggu setelah ia mempersembahkannya ke kelas, dia mengupload proyeknya ke portofolio online-nya, dan dia berpikir tak akan pernah melihatnya kembali.
 Sebulan setelah proyek telah diposting, sebuah blog industri desain populer yang disebut Core77 menulis sebuah fitur tentang sikat gigi ini. Segera, blog-blog desain, Islami, dan situs sosial masyarakat menampilkan ini di situs mereka, dan itu mulai mengundang apa yang terjadi selanjutnya. THIS akhirnya terpilih #27 pada The Dieline Top 100 Package Designs of 2011 dan semifinalis di Adobe Design Achievement Awards. 
(Untuk kisah selengkapnya baca disini)

 Bentuk alat THIS 

Bentuknya bisa dilihat seperti gambar dibawah.


Perkembangan


Dari awal dimulainya proyek hingga saat ini, Leen sering mendapat kiriman email bahkan di halaman facebook THIS untuk menanyakan bagaimana cara mendapatkan produknya tersebut, yang akhirnya mendorong Leen memulai kampanye patungan. Berita baiknya, kampanye yang dilakukannya melebihi target pencapaian, yaitu $18,000 pada bulan agustus lalu dan saat ini sedang dalam tahap produksi.

Mengenai perkembangannya, Leen mengatakan: “Proses produksi merupakan pengalaman belajar yang hebat dan saya sangat bersemangat untuk mengantarkan THIS ke tangan-tangan para pendana. Masukan dari masyarakat sangat berpengaruh atas keberadaan produk ini hari ini, jadi saya sangat menantikan masukan tentang Cutter Case saat sudah duluncurkan.”

THIS merupakan contoh luar biasa desain inovatif dalam memperbarui sebuah tradisi agar relevan dengan kepraktisan modern.

Dapatkan perkembangan terbaru THIS Toothbrush melalui laman Facebook-nya

diterjemahkan dari laman web THIS, aquilastyle, wikipedia.

Comments