Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

Jagalah Hati Saat Menulis Status Di Media Sosial

Bismillah...


Az-Zubair bin al-‘Awwaam radhiallau ‘anhu berkata

من استطـاع أن تكون له خبيئة من عمل صالــح فليفعل

“Barang siapa yang mampu untuk memiliki amalan shalih yang tersembunyikan maka lakukanlah” (Az-Zuhd karya Abu Dawud hal 119)

Amalan sholeh yang tidak mengetahuinya kecuali Allah Yang Maha Mengetahui amalan hambanya. Bukan amalan yang disiarkan apalagi dipamerkan melalui status FB, atau jadi display picture BB.

Kalau orang lain bahagia tatakala amlannya diketahui orang lain maka berusahalah untuk gembira dan bahagia tatkala tidak ada yang mengetahui amalanmu kecuali Allah.

Maraknya penggunaan media sosial hari ini, ditunjukkan dengan semakin banyak orang menjadi sosialita di dunia maya. Melalui facebook hingga whatsapp, anak SD hingga ustadz lebih mudah berkomunikasi, berbagi info dan berdiskusi hingga menulis status melalui gadgetnya. Seperti status-status berikut ini.

Status : Lagi i’tikaf, jangan ganggu !!!
Status : Lagi baksos semoga ikhlas ??!
Status : Alhamdulillah hari ini sudah 1 juz…
Status : Mau ke tanah suci nih, ada yang mau nitip doa??, gratis…!!
Status : Lagi khusyuk mendengarkan lantunan bacaan qur’an syaikh fulan…
Status : Puasa hari ini sungguh melelahkan tdk seperti biasanya…
Status : Walaupun lelah yang penting demi umat…
Status : Lagi safari dakwah alhamdulillah sambil pulang kampung….
Status : Alhamdulillah bisa mendoakan saudara- saudaraku dalam sholat malamku…, smg dikabulkan…

Meskipun para penulis contoh status-status di atas ikhlas, akan tetapi hukum asal amalan yang tersembunyi lebih baik dan berusaha menutup pintu dan celah riya’ sangat dianjurkan, kecuali jika ada kemaslahatan yang sangat diharapkan. Wallahu A’lam.

Penulis: Ustadz Faishal Abdul Aziz
- See more at: http://www.arrahmah.com/kajian-islam/jagalah-hati-saat-menulis-status-di-media-sosial.html#sthash.1m5uf6JT.dpuf

Comments