Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

Alasan Mengapa Kita Harus Rajin Backup Data

Bismillah...


Kalau ada hal paling penting tapi paling jarang dilakukan oleh pengguna komputer dan smartphone, itu adalah backup. Ayo jujur — seberapa sering kamu melakukan backup, dan kapan terakhir kali kamu melakukan backup?

Kenapa Backup Jarang Dilakukan 


Banyak orang jarang melakukan backup karena malas, lupa, merasa tidak punya waktu, dan tidak menyadari bahwa kehilangan data bisa terjadi kapan saja. Padahal melakukan backup secara rutin bakal membuat kamu lebih aman dari resiko kehilangan berbagai data penting yang kamu miliki.

Lakukan Backup Sekarang Juga


Seiring dengan lamanya penggunaan, semakin banyak data penting yang tersimpan di komputer dan smartphone kita. Ada dokumen, foto, video, serta file penting lainnya. Meskipun saat ini sepertinya data kamu aman-aman saja, namun WinPoin menyarankan kamu segera melakukan backup.

Berikut ini adalah 4 alasan kenapa kamu harus backup data kamu sekarang juga:

Suatu Hari, Hardisk Kamu Pasti Rusak



Semua orang pasti akan mengalaminya — masa dimana hardisk komputer rusak dan sebagian atau semua data yang ada didalamnya hilang. Mungkin beberapa diantara kamu sudah mengalaminya dan sebagian lagi belum.

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, hardisk juga memiliki umur dan masa pakainya sendiri. Hardisk yang kita miliki sebenarnya hanya menunggu waktu saja untuk habis masa pakainya dan menjadi rusak atau bermasalah.

Jadi jika sampai saat ini hardisk kamu masih bisa berjalan lancar dan datanya bisa diakses tanpa masalah, maka backuplah berbagai data penting kamu sekarang juga.

 

Baru Menyesal Setelah Kehilangannya


Sama seperti orang-orang terkasih, data penting juga demikian. Kita baru akan menyesal dan sadar begitu pentingnya mereka setelah kehilangannya.

Saat ini mungkin kamu cuek dengan berbagai dokumen di Drive D yang berisi data kuliah, atau merasa biasa saja dengan koleksi foto kamu teman kampus dan keluarga yang tersimpan di Drive E. Tetapi begitu data tersebut hilang mendadak karena suatu hal dan tidak memiliki backup, maka disitulah baru kita akan muncul rasa kehilangan dan penyesalan.

Untuk itu jika semua data tersebut masih tersimpan dengan baik di komputer dan smartphone kamu, backup sekarang juga daripada menyesal karena kehilangan di kemudian hari.

Backup Itu Mudah



Dengan hadirnya teknologi sinkronisasi dan cloud storage, backup menjadi semakin mudah untuk dilakukan. Pengguna Windows dan Windows Phone bisa memanfaatkan OneDrive yang sudah terintegrasi baik di OS tersebut. Kamu tinggal memilih letak dokumen penting yang ingin dibackup dan proses sinkronisasi bakal otomatis berjalan setiap waktu.

Melakukan backup secara offline juga bisa dilakukan dengan mudah dan otomatis menggunakan software backup, misalnya Genie Timeline Free.

Backup Itu Murah


Tidak perlu membayar mahal untuk melakukan backup. Kamu bisa memanfaatkan space gratis dari berbagai cloud storage untuk membackup data secara online. OneDrive, Dropbox, Box, SugarSync, dan berbagai cloud storage lainnya selalu memberikan paket gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan berbagai dokumen dan foto penting.

Bagi kamu yang lebih suka melakukan backup di media penyimpanan local, kamu bisa menyiapkan USB Flashdisk atau hardisk eksternal untuk melakukan sinkronisasi backup otomatis menggunakan software backup setidaknya seminggu atau sebulan sekali.

Itulah 4 alasan kenapa kamu harus melakukan backup data sekarang juga. Seperti kata pepatah “sedia payung sebelum hujan”, maka biasakanlah melakukan backup agar tidak menyesal ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap data penting kita.

Apa yang Membuat Kamu Tidak Melakukan Backup?

Jika kamu termasuk orang yang jarang bahkan sama sekali tidak pernah melakukan backup hingga hari ini, apa yang menghalangi kamu untuk melakukannya!

Bagikan alasan dan pengalaman kamu disini. Siapa tahu kita dan teman-teman lainnya bisa membantu untuk memecahkan permasalahan kamu tersebut.

(sumber: Winpoin)

Comments