Skip to main content

Featured

Metode Mutqin (Kuat) Hafalan Al-Qur'an Bagi Orang Yang “Sibuk”

Bismillah...Disarikan dari perbincangan via telepon antara penulis dengan Al Ustadz Al Fadhil Abdur Rahman Fadholi -Hafizhahullahu ta’alaa- tanggal 9 Sya’ban 1438 H.  Postingan ini agak panjang.  Jadi sebaiknya di simpan terlebih dahulu apabila memiliki ketertarikan untuk menyimak isinya.Beliau Al Ustadz adalah Juara MHQ Asia-Pasifik kelas 10 Juz 2017 yang baru selesai dilaksanakan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia.  Murid Syaikh Abdul Karim Al Jazayri -Hafizhahullahu ta’alaa-, dan Pembina Ma’had Ibnu Katsir di Bekasi, Jawa Barat, Indonesia.
------------------------------------------------------------------
Pertanyaan yang penulis ajukan adalah, “Bagaimana metode muroja’ah (mengulang hafalan) dan menambah hafalan Alqur’an bagi seseorang yang sibuk?” Kemudian beliau menanyakan kondisi penulis saat ini.  Setidaknya ada tiga hal yang beliau ingin ketahui, yaitu:- Kondisi kesibukan saat ini
- Jumlah hafalan yang pernah di hafal
- Jumlah hafalan yang sudah mutqin (menempel kuat)Pertam…

Tips Agar Suara Bening dan Merdu Ketika Membaca Al-Qur'an

Bismillah...


Mempunyai suara yang bening dan merdu adalah dambaan setiap orang, terutama bagi mereka yang ingin tampil maksimal dalam membaca Al-Qur’an.  Rasulullah memerintahkan untuk memerindah suara saat membaca Al Quran.

Nabi Shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

 “Baguskanlah Al-Qur’an dengan suaramu, karena suara yang bagus menambah keindahan Al-Qur’an.”  (HR. Nasa’i dan Ad-Darimi.)


 لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَتَغَنَّ بِالْقُرْآنِ 

“Bukan dari golongan kami orang yang tidak melagukan Al-Qur’an.” (HR. Abu Dawud)

Tentu saja, yang tidak kalah penting adalah memelajari tajwid yang benar. Suara merdu tidak hanya milih para qori’-qari’ah saja. Namun orang biasa pun bisa memiliki suara merdu saat membaca Al Qur’an. Memang ada sebagian orang yang dari sananya telah dikaruniai suara yang indah. Namun bagaimana dengan mereka yang suaranya setengah-setengah, atau bahkan kurang untuk sampai derajat indah? Jangan kecewa dahulu.

Berikut ini ada beberapa tips penting yang saya kumpulkan dari berbagai sumber bagi Anda yang menginginkan suara yang merdu:

1. Latihan secara rutin. Pita suara yang dilatih secara rutin dapat menghasilkan suara yang merdu dan indah. Latihlah tinggi rendah suara anda bersama guru pembimbing. Anda dapat melatihnya setiap hari dengan bantuan seorang guru atau belajar sendiri dari kaset-kaset murattal/qira’ah. Jangan memaksakan diri melatih pita suara dengan nada-nada tinggi diluar batas.
2. Jaga pola hidup yang sehat. Jangan merokok, minum alcohol. Sebisa mungkin, kurangilah teh, kopi, dan minuman bersoda serta es secara berlebihan. Perbanyaklah meminum air putih. Kurangilah makanan berminyak dan pedas. Makan berminyak menghambat dua saluran, saluran nafas dan makan.
3. Usahakanlah untuk tidak berbisik ketika berbicara. Jangan menghilangkan riak yang ada di tenggorokan dengan berdehem. Jangan bicara yang tidak perlu. Bicara terlalu banyak, berteriak, berorasi dan sebagainya dapat membuat pita suara kelelahan. Jika Anda berbicara di sebuah forum yang menuntut Anda untuk bersuara keras, usahakan memekai pengeras suara.
4. Usahakan tenggorokan untuk senantiasa lembab. Ini bisa dilakukan dengan pelega tenggorokan, berkumur dengan air garam, atau dengan mengunyah permen karet.
5. Lakukanlah gurah.
6. Istirahatkanlah pita suara anda setelah melakukan aktivitas yang berat, misalnya sehabis tampil qiraah, latihan keras dan lain sebagainya.
7. Minumlah saripati kencur. Kencur, selain untuk membeningkan suara, juga berguna untuk membuang gas dari tubuh, pelangsing, pereda dahak, penghangat badan , penghilang lendir yang menymbat hidung dan pembersih tenggorokan.
8. Memakan buah delima, karena buah delima mampu membeningkan suara dengan menghilangkan serak pada tenggorokan yang kering.
9. Minumlah air yang diembunkan. Caranya, masukkanlah air dalam botol dan tutup rapat. Lalu masukkan botol ke dalam kolam sampai mengembun. Minumlah pada pagi harinya.
10. Minumlah sari air rerumputan yang sifatnya menghangatkan, contohnya: Jahe, Foeniculum, dll atau minumlah perasan jeruk nipis..
11. Perbanyaklah makan sayuran hijau dan buah-buahan yang masih fresh.
12. Perbanyaklah makan gandum, terlebih talbinah nabawiyah.
13. Perbanyak olahraga dan latihan pernafasan.
14. Perbanyaklah berdoa, karena segala usaha hanya dapat membuahkan hasil bilamana Allah berkehendak.

Demikian tips agar suara Anda bening dan merdu saat membaca Al Qur’an. Bacaan Al Qur’an yang merdu dapat menggetarkan hati para pendengarnya. Anda bisa memilikinya dengan menerapkan cara-cara di atas. Selamat mencoba.

Comments

BACA JUGA