Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

1001 Inventions and the World of Ibn Al-Haytham: Film Tentang Penemuan Muslim

Bismillah...

'1001 Inventions and the World of Ibn Al-Haytham' adalah kampanye global yang baru diproduksi oleh 1001 Penemuan dan King Abdulaziz Pusat Kebudayaan Dunia yang bekerja sama dengan UNESCO dan International Year of Light 2015 untuk merayakan ilmuwan abad ke-11 Ibn al-Haytham, mempromosikan ilmu cahaya dan aplikasi untuk kemanusiaan.

Lahir sekitar seribu tahun yang lalu dari hari ini di Irak, Al-Hasan Ibnu al-Haytham (dikenal di Barat dengan bentuk nama latin pertamanya, awalnya "Alhacen" dan kemudian "Alhazen") adalah seorang pemikir ilmiah perintis yang memberikan kontribusi penting untuk memahami visi, optik dan cahaya. Metodologi penelitian, khususnya menggunakan percobaan untuk memverifikasi teori, menunjukkan kesamaan tertentu untuk apa yang kemudian dikenal sebagai metode ilmiah modern.



1001 Inventions adalah juara dan pemenang penghargaan sains internasional dan merek warisan budaya yang mencapai lebih dari 150 juta orang di seluruh dunia. 1001 Inventions menyingkap seribu tahun prestasi ilmiah dan budaya dalam peradaban Muslim dari abad ke-7 dan seterusnya, dan mengungkapkan bagaimana mereka kontribusi membantu menciptakan dasar-dasar dunia modern kita.

Tahun Internasional Cahaya dan Cahaya Berbasis Teknologi (IYL 2015) adalah inisiatif global yang diadopsi oleh PBB (A / RES / 68/221) untuk meningkatkan kesadaran tentang bagaimana teknologi optik mempromosikan pembangunan berkelanjutan dan memberikan solusi untuk tantangan di seluruh dunia dalam energi , pendidikan, pertanian, komunikasi dan kesehatan. (Ibnalhaytam)

Comments