Skip to main content

Featured

I want to be like Him (Aku Ingin Seperti Dia)

Bismillah... Pada suatu hari, Aku terkena musibah. Ketika itu di sekolah, Adzan Dzuhur telah berkumandang, dan Aku yang saat itu berlarian bersama temanku menuju masjid tiba-tiba terpeleset ke kali kecil area sekolah karena tidak hati-hati. Aku mengalami cedera serius di bagian telinga dan harus dijahit. Aku pun dibawa ke rumah sakit.

Setelah pulang dari rumah sakit, Aku kembali ke sekolah untuk mengambil tas. Ternyata siang itu pelajaran BTA (Baca Tulis Al-Qur’an) sudah dimulai, dan yang mengajar adalah seorang Ustadz lulusan Pondok Tahfizh. Sayang sekali, Aku tidak bisa mengikuti pertemuan pertama tersebut, karena Aku harus pulang.

Beberapa hari kemudian, luka jahitanku mulai pulih. Aku sudah bisa beraktifitas seperti biasanya. Hari itu adalah hari Ahad, Aku membuat janji dengan seorang temanku untuk berkunjung ke pondok Tahfidz kediaman ustadz pengajar BTA-ku. Di sana, kami diajak mengelilingi komplek pondok, bermain bola, nonton film islami, dan bahkan kami diajari memanah. Aku d…

Know Me


In the name of Allah, the Most Gracious, The Most Merciful



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Namaku Faqih. Keadaan zaman yang terus bertambah maju, sementara otak-otak manusia semakin tergerus kesensitifannya karena area internet yang sudah overload dalam menghantam batas-batas etika, memaksaku untuk belajar mengendalikan dunia lewat blog. Pertama kali mengenal blog, aku langsung jatuh cinta. Menurutku, blog adalah sebuah interprestasi dari tingginya minat seseorang terhadap dunia artistik, sastra dan ilmu pengetahuan, bukan sekedar tempat ngemis klik iklan.

Di blog, aku bisa menyalurkan bakat dan mengembangkan kreatifitas dari segala bidang; web/blog design, coding, webmaster, menulis, mencari ide, menyimak berita, menyimpulkan, desain grafis, fotografi, videografi, bahkan seni suara, dan entah apalagi.


The philosophy of Faqih Jauzy


Faqih Jauzy adalah nama pena. Faqih berasal dari nama lahirku, yang berarti faham, cerdas. "Faqih (berasal dari bahasa Arab) yang berarti orang yang paham terhadap aturan atau syariat Islam." (wikipedia.com)

Lalu, terinspirasi dari dari nama dua ulama yang karya-karyanya berhasil membuat hatiku serasa lahir kembali, Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah dan Ibnu Jauzy rahimahumallah, aku memutuskan menyandingkan nama asliku dengan Jauzy. Jauzy tak memiliki arti khusus. Dalam ilmu bahasa arab, nama ini adalah 'nisbah', yang oleh orang arab sering digunakan untuk menamai anak laki-laki.

Secara spesifik, makna Faqih Jauzy adalah: Anak laki-laki cerdas yang berwawasan luas. Aamiin insyaallah.

Warna hijau muda, putih, hitam, abu-abu pada logo dan design menggambarkan kecintaan terhadap warna-warna yang disukai nabi Muhammad SAW. "Anas bin Malik mengatakan, “Warna yang paling disukai oleh Rasulullah saw adalah hijau.” Namun selain itu Rasul juga ternyata menyukai warna putih. Ada juga keterangan bahwa Nabi Muhammad saw pernah memakai pakaian berwarna hitam, merah hati, abu-abu dan warna campuran."

Tagline: Get less give more, life for giving memiliki arti yang cukup jelas. 

About me


Aku lelaki melankolis yang sangat ingin jadi penulis. Seorang perfeksionis yang agak oportunis. Kata-kataku sering ku atur agar terlihat puitis. Kulitku hitam manis dan rambut lurus-agak mengombak yang tipis. Aku adalah sosok yang selalu merasa dirinya tokoh protagonis, sehingga segala hal harus disikapi dengan etis. Penggemar berat nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam yang perfeksionis tetapi humanis. Lelaki simple dan minimalis. Penyuka bakso dan sambal pedas jeruk nipis. Agak serius, tapi humoris. Suka pakai baju gamis. Penyuka buku-buku tazkiyatun-nafs, motivasi, novel dan sains.

Do You like this blog?


Jika anda suka dengan blog ini baik dari sisi desainnya, artwork-artwork, maupun konten yang ada didalamnya, jangan sungkan untuk memberikan kritik dan saran membangun bukutamu agar saya bisa memaksimalkan performa dan tampilannya. InsyaAllah setiap komentar akan sangat berharga bagi saya, dan saya akan berusaha membalas setiap komen yang masuk.

Dont be a Pirates!


Blog ini adalah sumber informasi, inspirasi atau rujukan gratis bagi siapa saja. Dengan membaca blog ini, berarti anda telah menerima syarat dan ketentuan yang telah tertera pada laman copyright dan disclaimer. Saya sengaja mematikan fungsi klik kanan pada blog ini (yang berlaku pada semua browser) setelah beberapa kali melihat perilaku netter yang tak beretika. Ini berlaku sementara.

Harus diketahui, pelanggaran terhadap kekayaan intelektualitas adalah suatu hal yang tercela dan memalukan. Belajarlah untuk menjadi kreatif. Kalau masih terasa sulit, gunakan metode klasik ATM. Amati, tiru dan modifikasi. Jangan jadi pembajak. Setidak-tidaknya, cantumkanlah sumber sebagai bentuk kontribusi anda pada sesama.

Share the Knowledge


Kemudian, blog ini akan sungguh bermanfaat jika anda mau berbagi pengetahuan yang anda dapatkan dari blog ini. Manfaatkanlah akun facebook, twitter, email dll sebagai sumber amal jariyah bagi kita bersama. Jika ingin memposting ulang di blog atau website, silakan tanpa lupa untuk menyertakan sumbernya.

Let's know me more


Berkenalanlah dengan saya. Siapa saja bisa menjadi sahabat bagi saya. Jika ingin berkenalan lebih jauh, bertanya tentang beberapa hal, atau memberikan kritik saran, silakan mengirim pesan melalui bukutamu. Atau bisa hubungi saya di melalui email faqihjauzy@outlook.com.



Saya mengucapkan jazakumullah atas kunjungan anda di blog yang sederhana ini. Mohon maaf jika ada kekurangan atau kekeliruan yang fatal, serta kejanggalan yang ada dihati sahabat setelah menjelajahi semua link yang ada di setiap sudut blog kami.

Thanks to:


Allah ﷻ yang telah memberiku segalanya, dan aku begitu mencintaiNya, Rasulullah  ﷺ , sumber inspirasi utama dan idola ternama yang selalu kurindukan. Kedua orang tuaku, Abah dan Ummi, yang telah mendidikku dengan sepenuh hati: Abah yang mengenalkanku dengan Komputer dan Internet, dan Ummi yang selalu sabar memaksa anak laki-lakinya untuk makan karena terlalu sibuk dengan komputer, semoga Allah merahmati mereka berdua. Untuk kak Zaky yang mengajariku corel, dan desain yang baguuus banget,serta pemberiannya yang begitu banyak, 3 adikku perempuanku tersayang, yang menemaniku melangkah di awal-awal pembuatan blog ini, kemudian Peter Gould for his amazing stuff, lalu Mishary Alafasy, Rami Mar'ei, Maher Zain, Sami Yusuf, Humood Alkhudher, Raihan, Brothers, Irfan Makki atas melodi indah suara mereka yang banyak menemani saya dalam pembuatan blog ini, serta album artwork mereka yang keren-keren,Arrahmah.com, Steve Jobs, Windows, Kak Firdaus, Abi Chondro atas waktu sharingnya, Luqman atas bantuannya yang banyak banget, Kak Sayyaf, Bang Israfiel yang baik hati, Abduh yang sering menemaniku begadang, Linggar Hasboro Uyeah, djogzs.blogspot.com atas code nya yang mantap, Muri Andriko, Siswa Saputra, Noer Malaky, Alib Isa, Ahmad Bassam Faiz, Salman, Qoid, Luthfi, dan semua pihak yang memberiku inspirasi atau meminjamkan laptop, modem serta kartu internet nya sepanjang perjalanan hidup blog ini yang tidak bisa kusebutkan satu persatu. Barakallah fikum.


Semoga blog ini bermanfaat bagi kita semua dan bernilai ibadah disisi-Nya.... never stop inspiring....

Terima kasih sudah berkunjung. Get less give more, life is for giving.

Salam, Faqih Jauzy

BACA JUGA